5 Fakta Derbi London Utara, Skor Terbesar hingga Rekor Penonton

BACA JUGA

gamespool
5 Fakta Derbi London Utara, Skor Terbesar hingga Rekor Penonton 7

Football5star.com, Indonesia – Laga bertajuk Derbi London Utara akan berlangsung di Emirates Stadium, Minggu (14/10/2021). Tuan rumah Arsenal berusaha untuk bisa meraih poin penuh atas lawannya Tottenham Hotspur, pun sebaliknya.

Laga akhir pekan nanti menjadi pertandingan ke-202 kedua tim sepanjang sejarahnya. Pada pertemuan terakhir yang berlangsung 6 Desember 2020, Spurs sukses meraih kemenangan 2-0 atas Arsenal di Tottenham Hotspur Stadium.

- Advertisement -

Jelang kick off, pelatih kedua tim sudah sama-sama menekankan pentingnya laga ini. Psy war juga sudah ditebar oleh Mikel Arteta dan Jose Mourinho. Arteta misalnya mengatakan bahwa di laga Derbi London Utara nanti, Spurs diuntungkan karena tak jalani laga tandang di Liga Europa.

Pernyataan ini kemudian dibalas oleh Jose Mourinho. Laga kedua tim memang selalu hadirkan tensi tinggi. Sejumlah fakta menarik pun hadir jelang pertemuan kedua tim, berikut ulasannya:

Penonton Terbanyak

- Advertisement -

Dari 201 pertemuan, laga pada 10 Februari 2018 tercatat menjadi pertandingan dengan jumlah penonton terbanyak. Laga yang berlangsung di Stadion Wembley itu tercatat dihadiri oleh 83.222 suporter kedua tim.

5 Fakta Derby London Utara, Skor Terbesar hingga Rekor Penonton4

Sebelumnya rekor penonton terbanyak tercatat pada 14 April 1991 saat kedua tim bertemu di babak semifinal Piala FA. Pada saat itu, penonton yang hadir mencapai angka 77.893 penonton. Di tempat ketiga, pada laga 29 September 1951 di Stadion Highbury yang disaksikan 72.164 penonton.

Kemenangan Terbesar

- Advertisement -

Skor kemenangan terbesar di laga Derbi London Utara terjadi pada 6 Maret 1935. Di laga yang berlangsung di White Hart Lane tersebut, Arsenal berhasil meraih kemenangan telak 6-0 atas Spurs. Skor ini bertahan hingga saat ini dan belum terpecahkan.

5 Fakta Derby London Utara, Skor Terbesar hingga Rekor Penonton3

Kemenangan telak 6-0 Arsenal atas Spurs pada musim itu menjadi faktor terbesar yang membuat Tottenham terdegradasi di akhir musim 1935. Selain itu, kemenangan itu juga membuat Arsenal berhasil meraih gelar juara Liga Inggris untuk tiga kali beruntun.

Skor Terbesar

Lazimnya tiap laga derbi yang akan menarik minat penonton ialah jual beli gol. Di laga Derbi London Utara, pada 13 November 2004 tercatat menjadi pertandingan dengan jumlah skor terbesar.

5 Fakta Derby London Utara, Skor Terbesar hingga Rekor Penonton2
Daily Mail

Bermain di Stadion White Hart Lane, Arsenal menang 5-4 atas Tottenham Hotspur. Yang menarik, tujuh dari sembilan gol pada laga itu tercipta pada babak kedua. Lalu pada 2012, skor besar kembali tercipta saat Arsenal menang 5-2 atas Spurs.

Top Skorer

Untuk pemain yang paling mencetak gol pada laga ini, Harry Kane menjadi yang terdepan. Striker Tottenham itu tercatat telah mengoleksi 11 gol di laga derbi melawan Arsenal.

Harry Kane tak disebut sebagai striker terbaik dunia oleh Jose Mourinho.

Sebelum nama Harry Kane, top skorer dipegang atas nama pemain Arsenal, Emmanuel Adebayor. Pemain asal Togo itu tercatat telah mencetak 10 gol. 8 gol ia cetak untuk Arsenal, sedangkan 2 gol lainnya dicetak ke gawang Tottenham Hotspur.

Adebayor juga masuk dalam pemain Arsenal yang paling sering cetak gol bersama pemain asal Prancis, Robert Pires dan Alan Sunderland.

Penampilan terbanyak

Bek Arsenal, David O’Leary masih tercatat sebagai pemain yang paling banyak tampil di laga derbi ini. Ia tercatat telah memainkan 35 pertandingan di laga Derbi London Utara. Di bawah nama O’Leary ada nama pemain Tottenham, Garry Mabbutt dan Steve Perryman.

5 Fakta Derby London Utara, Skor Terbesar hingga Rekor Penonton
Sky Sport

Kedua pemain ini tercatat telah bermain sebanyak 31 laga derbi. Sedangkan untuk pemain di era 2000-an ke atas, nama kiper Hugo Lloris telah 13 kali menghadapi The Gunners di laga derbi.

https://youtu.be/czzqekmhL0I
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img