5 Fakta Menarik Bayern Munich Juara Piala Dunia Antarklub 2020

BACA JUGA

gamespool

Footba5Star.com, Indonesia – Bayern Munich menahbiskan diri sebagai juara Piala Dunia Antarklub 2020. Die Roten merengkuh trofi setelah menang 1-0 pada laga final melawan Tigres UANL, Jumat (12/2/2021) dini hari WIB. Satu-satunya gol pada laga itu dicetak Benjamin Pavard.

Ada beberapa fakta dan catatan menarik terkait kesuksesan Bayern menjuarai Piala Dunia Antarklub 2020 di Doha, Qatar. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 fakta di antaranya.

Peraih Sextuple Kedua

- Advertisement -

Kesuksesan meraih trofi Piala Dunia Antarklub dengan mengalahkan Tigres jadi pelengkap kegemilangan Bayern Munich sepanjang 2019-20. Mereka menyapu bersih enam gelar. Sebelumnya, Die Roten juara Bundesliga, DFB Pokal, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Super Jerman.

Bayern jadi klub kedua yang mampu meraih sextuple alias enam gelar dalam semusim. Mereka menyamai prestasi Barcelona pada 2008-09. Ketika itu, El Barca yang diasuh Pep Guardiola menjuarai LaLiga, Copa del Rey, Liga Champions, Pial Super Eropa, Supercopa de Espana, dan Piala Dunia Antarklub.

Kemiripan Jejak Flick dan Guardiola

- Advertisement -

Sextuple yang diraih Bayern Munich jadi catatan istimewa bagi Hansi Flick. Dia menjadi pelatih kedua yang mampu meraih prestasi itu setelah Pep Guardiola. Menariknya, mereka sama-sama melakukannya pada musim debut di level tertinggi.

Guardiola membawa Barcelona merebut sextuple pada musim pertamanya, yakni 2008-09. Musim itu, dia dipromosikan dari Barcelona B untuk menggantikan Frank Rijkaard. Adapun Hansi Flick naik dari posisi asisten pelatih setelah Niko Kovac dipecat Bayern pada awal November 2019.

Bayern Lanjutkan Dominasi Eropa

- Advertisement -

Kemenangan Bayern Munich atas Tigres UANL pada final Piala Dunia Antarklub 2020 kian menegaskan dominasi wakil Eropa pada ajang ini. Sejak 2013, para juara Liga Champions selalu mampu menjadi juara pada ajang antarbenua ini. Dalam 8 tahun terakhir, Bayern, Real Madrid, Barcelona, dan Liverpool bergantian jadi yang terbaik.

Wakil Eropa terakhir yang gagal menjuarai Piala Dunia Antarklub adalah Chelsea pada 2012. Datang sebagai juara Liga Champions, The Blues takluk 0-1 dari juara Piala Libertadores, Corinthians. Gol tunggal pada laga itu dicetak oleh Jose Paolo Guerrero.

Tradisi Bek Cetak Gol

Benjamin Pavard meneruskan tradisi bek Bayern Munich mencetak gol di final Piala Interkontinental.
Getty Images

Ada catatan menarik terkait keberhasilan Benjamin Pavard mencetak gol pada final Piala Dunia Antarklub 2020. Dia melanjutkan tradisi unik Bayern Munich pada ajang interkontinental sejak milenium baru. Dalam tiga kesempatan juara, selalu ada bek yang mencetak gol bagi Die Roten pada laga final.

Pada 2001, Bayern juara Piala Interkontinental dengan mengalahkan Boca Juniors 1-0. Gol tunggal kala itu dicetak bek tengah Samuel Osei Kuffour. Berselanng 12 tahun kemudian, Die Roten juara Piala Dunia Antarklub dengan mengalahkan Raja Casablanca 2-0. Gol pembuka kemenangan saat itu dijaringkan bek tengah asal Brasil, Dante.

Bayern Samai Koleksi AC Milan

Kesuksesan menekuk Tigres UANL membuat Bayern Munich jadi salah satu klub tersukses pada ajang interkontinental. Ini adalah gelar keempat bagi Die Roten. Rinciannya, dua kali juara Piala Interkontinental (1976, 2001) dan dua kali juara Piala Dunia Antarklub (2013, 2020).

Die Roten menyamai koleksi AC Milan yang juara tiga kali juara Piala Interkontinental (1969, 1989, 1990) dan sekali juara Piala Dunia Antarklub (2007). Kedua klub itu hanya kalah dari Real Madrid dengan 7 gelar, yakni 3 kali juara Piala Interkontinental dan 4 kali juara Piala Dunia Antarklub.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img