5 Fakta Menarik Duel Portugal vs Jerman Sepanjang Masa

BACA JUGA

Banner Gamespol Baru

Football5Star.com, Indonesia – Matchday II Grup F Piala Eropa 2020 kembali menyajikan sebuah big match. Timnas Portugal yang sebelumnya menang atas Hungaria akan bertemu timnas Jerman yang kalah dari Prancis. Tak pelak, laga Portugal vs Jerman ini sangat berarti. Menang lagi, Cristiano Ronaldo cs. akan melangkah ke 16-besar. Sementara itu, Toni Kroos dkk. terancam gugur pada fase grup bila kembali menuai kekalahan.

Rivalitas Portugal dengan Jerman memang tidaklah tajam. Laga Portugal vs Jerman tak bisa disejajarkan dengan Jerman vs Inggris atau Jerman vs Belanda. Namun, seiring kemunculan Seleccao das Quinas sebagai salah satu kekuatan di Eropa, pertemuan dengan Jerman jadi menarik dan termasuk partai besar.

- Advertisement -

Sepanjang sejarah, laga Portugal vs Jerman tidak sering terjadi. Laga di Stadion Allianz Arena nanti adalah edisi ke-19. Meskipun demikian, ada beberapa fakta menarik yang menghiasi pertarungan kedua tim dalam 18 laga sebelumnya. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 fakta di antaranya.

1. Hanya Dua Kali Tanpa Gol

Pertemuan Portugal vs Jerman menjanjikan laga menarik. Gol hampir selalu tercipta dalam 18 pertemuan terdahulu di berbagai ajang kompetisi. Total, tercipta 44 gol atau rata-rata tercipta 2,44 gol per pertandingan. Dari 18 edisi terdahulu, hanya 2 kali pertemuan kedua tim yang berakhir tanpa gol alias imbang 0-0.

Laga pertama Portugal vs Jerman yang berakhir tanpa gol terjadi pada fase grup Piala Eropa 1984. Partai itu berlangsung di Stadion de la Meinau, Strasbourg. Adapun laga kedua yang berakhir 0-0 terjadi saat Kualifikasi Piala Dunia 1998 yang berlangsung di Stadion Da Luz pada 14 Desember 1996.

2. Dua Pencetak Hat-trick

Di antara sekian banyak pemain yang pernah tampil pada laga Portugal vs Jerman, ada dua sosok yang istimewa karena mampu membuat hat-trick. Mereka adalah Sergio Conceicao dan Thomas Mueller. Catatan hat-trick mereka juga spesial karena dilakukan pada turnamen akbar.

Conceicao memborong tiga gol timnas Portugal saat menggasak timnas Jerman 3-0 pada fase grup EURO 2000. Di Stadion De Kuip, dia menjebol gawang Oliver Kahn pada menit ke-35, 54, dan 71. Sementara itu, Mueller tiga kali menaklukkan Rui Patricio pada menit ke-12, 45, dan 78 ketika Die Mannschaft menang 4-0 pada fase grup Piala Dunia 2014.

3. Laga Kelima Portugal vs Jerman di EURO

Pertemuan timnas Portugal dengan timnas Jerman pada pentas Piala Eropa terbilang lumayan sering. Laga di Stadion Allianz Arena nanti merupakan pertemuan kelima mereka pada ajang antarnegara terbesar di Eropa tersebut. Dalam empat pertemuan terdahulu, Die Mannschaft lebih unggul dengan 2 kali menang, 1 kali seri, dan 1 kali kalah.

Dari empat pertemuan terdahulu, tiga di antaranya tersaji pada fase grup. Itu terjadi pada Piala Eropa 1984 yang berakhir 0-0, Piala Eropa 2000 saat Seleccao das Quinas menang 3-0, dan Piala Eropa 2012 ketika Die Mannschaft menang 1-0. Satu pertemuan lain tersaji pada perempat final EURO 2008. Ketika itu, Jerman unggul 3-2 atas Portugal.

4. Cristiano Ronaldo Tanpa Gol

Cristiano Ronaldo selalu gagal mencetak gol dalam empat edisi terdahulu Portugal vs Jerman.
footballgate.com

Cristiano Ronaldo saat ini tengah memburu predikat pemain tersubur pada pentas internasional. Berkat brace saat lawan Hungaria, dia kini sudah mengemas 106 gol. Megabintang Juventus itu hanya butuh 3 gol lagi untuk menyamai koleksi sang pemegang rekor, Ali Daei, dengan 109 gol.

Akan tetapi, dari 106 gol itu, tak satu pun yang dilesakkan Ronaldo di gawang timnas Jerman. Padahal, sudah empat kali dia melakoni laga Portugal vs Jerman. Dalam empat pertandingan itu, dia juga selalu tampil penuh selama 90 menit. Sudah begitu, tanpa golnya, timnas Portugal juga selalu kalah dari Jerman.

5. Portugal Sekali Menang di Jerman

Sepanjang sejarah, laga Portugal vs Jerman telah 6 kali tersaji di tanah Jerman. Namun, laga ke-7 nanti adalah yang pertama di Kota Munich. Menariknya, Jerman nanti dalam posisi tamu. Sebelumnya, Die Mannschaft pernah dua kali menjamu Seleccao das Quinas Stuttgart serta masing-masing sekali di Berlin, Hannover, Ludwigshafen, dan Frankfuurt.

Sudah bisa diterka, pada enam pertemuan terdahulu yang berlangsung di tanah Jerman, Die Mannschaft lebih unggul. Mereka mampu meraup 3 kemenangan, 2 imbang, dan hanya 1 kali kalah. Satu-satunya kekalahan dialami Jerman pada Kualifikasi Piala Dunia 1986. Menjamu Portugal di Stadion Neckar, Stuttgart, mereka kalah 0-1 oleh gol tunggal Carlos Manuel pada menit ke-54.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img