5 Fakta Menarik Perempat Final EURO 2020

BACA JUGA

Banner Gamespol Baru

Football5Star.com, Indonesia – Pentas EURO 2020 akan memasuki perempat final pada Jumat (2/7/2021) malam nanti. Laga Swiss vs Spanyol di St. Petersburg akan membuka babak perempat final EURO 2020. Berikunya, secara berturut-turut akan tersaji laga Belgia vs Italia, Rep. Cheska vs Denmark, dan Ukraina vs Inggris.

Di antara delapan tim dan empat pertandingan tersebut, ada beberapa catatan menarik yang akan jadi bumbu pada perempat final EURO 2020 nanti. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 fakta menarik yang mewarnai babak 8 besar tersebut.

1. Italia Paling Berpengalaman

Timnas Italia untuk kali keempat secara beruntun lolos ke perempat final EURO.
football-italia.net
- Advertisement -

Di antara 8 peserta babak perempat final EURO 2020, timnas Italia adalah tim yang paling berpengalaman. Ini adalah penampilan kelima mereka pada babak ini. Sejak babak ini ada pada EURO 1996, Gli Azzurri hanya dua kali absen karena tersisih pada fase grup. Itu terjadi pada 1996 dan 2004.

Sejak 2008 hingga sekarang, timnas Italia selalu mampu menembus babak perempat final. Namun, prestasi mereka tidaklah mengilap. Dalam tiga perhelatan terdahulu, mereka hanya sekali lolos ke semifinal, yakni pada EURO 2012 dengan mengalahkan Inggris. Adapun pada 2008 dan 2016, mereka dijegal Spanyol dan Jerman.

2. Pengalaman Pertama Swiss

Timnas Swiss baru kali ini mampu menembus babak perempat final Piala Eropa.
timesofindia.indiatimes.com

Bertolak belakang dengan timnas Italia yang sudah berpengalaman, timnas Swiss adalah yang paling tak berpengalaman. Perempat final EURO 2020 kali ini adalah pengalaman pertama Der Nati. Kelolosan mereka pun termasuk mengejutkan karena menjungkalkan timnas Prancis lewat laga sengit dan adu penalti pada babak 16 besar.

Sebelum ini, prestasi terbaik Swiss adalah lolos dari fase grup ke babak 16 besar pada EURO 2016 di Prancis. Jadi runner-up Grup A, Der Nati harus menghadapi timnas Polandia yang berstatus runner-up Grup C. Namun, kemenangan tak berpihak kepada mereka. Imbang 1-1 selama 120 menit, Der Nati kalah 4-5 dalam adu penalti.

3. Perempat Final EURO 2020 Sonder Portugal

Timnas Portugal gagal lolos ke perempat final EURO 2020.
Getty Images

Menilik delapan tim yang lolos ke perempat final EURO 2020, ada satu hal menarik. Itu adalah ketiadaan timnas Portugal yang disisihkan Belgia pada babak 16 besar. Ini adalah sebuah anomali dalam perhelatan Piala Eropa. Biasanya, Seleccao das Quinas selalu jadi salah satu dari 8 peserta babak perempat final.

Sejak EURO 1996, timnas Portugal tak pernah gagal menembus perempat final. Mereka pun punya rekor bagus pada babak ini dengan mengemas 4 kemenangan dan 2 kekalahan. Bahkan, Cristiano Ronaldo cs. mampu tampil sebagai juara pada EURO 2016 dengan mengalahkan Prancis pada partai final.

4. Dua Edisi Beruntun Tanpa Juara Bertahan

Kekalahan Portugal dari Belgia membuat perempat final Piala Eropa kembali tak diikuti sang juara bertahan.
Getty Images

Ketiadaan timnas Portugal bukan hanya mengakhiri tradisi yang tercipta sejak Piala Dunia 1996. Ini juga bisa menjadi awal dari tradisi baru terkait status Seleccao das Quinas sebagai juara edisi sebelumnya. Pasalnya, perempat final EURO 2020 adalah yang kedua secara beruntun tanpa diikuti sang juara bertahan.

Pada perhelatan EURO 2016, babak perempat final juga tanpa tim yang berstatus juara bertahan. Timnas Spanyol, tim yang juara secara beruntun pada 2008 dan 2012, gagal melangkah ke babak 8 besar. Sebabnya, La Furia Roja dihentikan timnas Italia pada babak 16 besar. Mereka kalah 0-2 dalam laga yang berlangsung di Stade de France.

5. Status Unik Leonardo Bonucci

Leonardo Bonucci jadi satu-satunya pemain pada perempat final EURO 2020 yang punya pengalaman mencetak gol pada babak ini.
eurosport.com

Di antara para pemain yang berada di skuat 8 tim peserta babak perempat final EURO 2020, Leonardo Bonucci punya status unik. Bek Italia itu adalah satu-satunya pemain yang punya pengalaman mencetak gol pada babak ini. Itu terjadi karena Cristiano Ronaldo, Olivier Giroud, Paul Pogba, dan Antoine Griezmann dipastikan tak lagi tampil.

Tak banyak gol yang dicetak Bonucci pada perempat final Piala Eropa. Dia hanya mengoleksi 1 gol yang dibuat pada perhelatan EURO 2016. Menghadapi timnas Jerman, sundulannya memaksakan skor 1-1 lewat eksekusi penalti pada menit ke-78. Namun, saat adu penalti, dia justru gagal menaklukkan Manuel Neuer. Gli Azzurri pun kalah 5-6.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

You Might also like

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img