5 Fakta Menarik Sejarah Pertemuan Belgia vs Portugal

BACA JUGA

Banner Gamespol Baru

Football5Star.com, Indonesia – Sebuah laga besar akan tersaji pada babak 16 besar EURO 2020, Senin (28/6/2021) dini hari WIB. Di Estadio de la Cartuja, Spanyol, timnas Belgia akan bersua sang juara bertahan, timnas Portugal. Selain laga Inggris vs Jerman, partai Belgia vs Portugal juga jadi yang paling dinantikan para penggila sepak bola.

Pertemuan Belgia vs Portugal, dua kekuatan yang muncul ke permukaan di Eropa dalam beberapa tahun terakhir, terbilang jarang. Berdasarkan data UEFA, laga di Estadio de la Cartuja adalah yang ke-19 sejak 1930. Artinya, pertemuan kedua tim hanya terjadi setiap 5 tahun sekali.

- Advertisement -

Dari 18 pertemuan terdahulu, tentu saja ada banyak catatan menarik. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 fakta menarik pertemuan Belgia dengan Portugal sepanjang masa.

Baru Kali Ini di Turnamen Besar

Pertandingan Belgia vs Portugal paling sering terjadi pada laga persahabatan.
Getty Images

Pertarungan Belgia vs Portugal kali ini sangatlah menarik. Pasalnya, inilah kali pertama De Rode Duivels berhadapan dengan Seleccao das Quinas pada putaran final turnamen besar, yakni Piala Dunia dan Piala Eropa. Sebelum EURO 2020, mereka hanya berjumpa pada laga persahabatan atau kualifikasi Piala Dunia dan kualifikasi Piala Eropa.

Dari 18 pertemuan terdahulu, 10 di antaranya adalah laga persahabatan. Termasuk di antaranya 6 edisi awal pertarungan kedua tim. Sisanya, De Rode Duivels 6 kali berjumpa dengan Seleccao das Quinas pada Kualifikasi Piala Eropa dan 2 kali bertemu pada Kualifikasi Piala Dunia.

Hanya Dua Kali Belgia vs Portugal Nirgol

Pertarungan Belgia vs Portugal pada babak 16 besar EURO 2020 sangat layak untuk dinantikan. Salah satunya karena hampir selalu tercipta gol setiap kali De Rode Duivels bertemu Seleccao das Quinas.dalam 18 pertemuan terdahulu, tercipta 43 gol atau 2,39 gol per laga.

Hanya dua kali pertemuan Belgia dengan Portugal tak menghasilkan gol. Keduanya terjadi pada partai persahabatan. Laga pertama pada 14 Maret 1954 di Brussels. Adapun laga kedua adalah pertemuan terakhir yang terjadi pada 2 Juni 2018, juga di Brussels.

Kali Pertama di Tempat Netral

Laga Belgia vs Portugal paling sering digelar di Brussels.
Getty Images

Bukan hanya jadi pertemuan pertama di turnamen besar. Laga Belgia vs Portugal pada 16 besar EURO 2020 ini juga jadi edisi pertama yang berlangsung di tempat netral. Dalam 18 kesempatan sebelumnya, laga selalu berlangsung di Belgia atau Portugal. Kini, pertandingan digelar di Sevilla, Spanyol.

Sevilla jadi kota ke-8 yang menggelar laga Belgia melawan Portugal. Dari tujuh kota lainnya, 3 di Belgia, yakni Brussels, Antwerp, dan Charleroi. Sisanya, 4 kota di Portugal, yaitu Lisbon, Oeiras, Braga, dan Leiria. Kota yang paling sering menggelar pertemuan kedua tim adalah Brussels sebanyak 7 kali. Disusul Lisbon dengan 6 pertandingan.

Jarang Berakhir Kemenangan Telak

Berdasarkan fakta sejarah, pertemuan Belgia vs Portugal selalu sengit. Rekor pertemuan cenderung imbang. De Rode Duivels membukukan 5 kemenangan, sedangkan Seleccao das Quinas meraih 6 kemenangan. Sisanya, 7 pertemuan berakhir imbang. Dari 11 kemenangan yang diraih kedua tim pun sangat jarang dengan skor telak.

Tercatat hanya 4 kali tercipta kemenangan dengan selisih lebih dari 1 gol. Kemenangan terbesar dibukukan Portugal pada Kualifikasi EURO 2008. Di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Cristiano Ronaldo cs. menang 4-0. Menariknya, tiga kemenangan lain justru milik belgia. De Rode Duivels 2 kali menang 3-0 dan sekali unggul 2-0.

Tiga Pemain Tersubur

Dalam 18 edisi terdahulu pertemuan Belgia vs Portugal telah tercipta 43 gol yang dicetak oleh 34 pemain. Di antara mereka, ada tiga pemain dengan koleksi gol terbanyak. Mereka adalah Raoul Lambert, Marc van der Linden, dan Cristiano Ronaldo. Ketiga pemain tersebut sama-sama mengemas 3 gol.

Di antara ketiga pemain itu, Cristiano Ronaldo adalah satu-satunya yang masih aktif. Dia pun akan jadi andalan Seleccao das Quinas saat melawan de Rode Duivels pada babak 16 besar EURO 2020. Alhasil, dia berpeluang untuk jadi yang tersubur dalam sejarah pertemuan kedua tim. Apalagi, CR7 sudah mencetak 5 gol dalam 3 laga fase grup.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img