5 Fakta Menarik Sejarah Pertemuan Portugal vs Prancis

BACA JUGA

Banner Gamespol Baru

Football5Star.com, Indonesia – Big match kembali terjadi pada matchday III Grup F EURO 2020. Kali ini, akan tersaji laga Portugal vs Prancis. Laga ini adalah ulangan final EURO 2016. Ketika itu, timnas Portugal menang 1-0 melalui gol pada perpanjangan waktu.

Laga kali ini sangat penting bagi timnas Portugal. Kemenangan akan membuat mereka lolos ke babak 16 besar. Adapun jika seri atau kalah, nasib mereka akan bergantung pada hasil pertandingan lain yang berlangsung bersamaan, yaitu Jerman vs Hongaria.

- Advertisement -

Selain memiliki arti penting, laga Portugal vs Prancis juga punya sejarah tersendiri. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 fakta menarik sejarah pertemuan Seleccao das Quinas dengan Les Bleus.

1. Hanya Sekali Berakhir 0-0

Sepanjang sejarah, pertemuan Portugal vs Prancis telah berlangsung 27 kali. Hasilnya, hampir selalu tercipta gol. Hanya sekali pertemuan kedua tim ini yang berakhir imbang tanpa gol alias 0-0. Itu terjadi pada 11 Oktober 2020 dalam ajang UEFA Nations League A yang berlangsung di Stade de France.

Itu jadi guratan sejarah baru. Sejak 1926, pertemuan Seleccao das Quinas dengan Les Bleus selalu berhias gol dalam 25 kesempatan beruntun. Setelah laga di Stade de France itu pun, gol kembali hadir ketika kedua tim bersua pada ajang yang sama di Stadion Da Luz, 14 November 2020.

2. Dominan Hasil Ketat

Pertarungan Portugal vs Prancis menjanjikan pertarungan ketat. Tengok saja, dalam 6 pertemuan terakhir, lima kali salah satu tim menang dengan selisih 1 gol dan sekali imbang. Sepanjang sejarah, hasil ketat mewarnai 15 dari 27 pertemuan kedua tim. Rinciannya, 13 kali berakhir dengan kemenangan salah satu tim dengan selisih 1 gol dan 2 kali imbang.

Skor tersering dalam pertemuan Portugal vs Prancis adalah 1-0. Skor ini muncul sebanyak 6 kali. Empat dari 6 edisi terakhir pertemuan Seleccao das Quinas lawan Les Blues berakhir dengan skor ini. Berikutnya, skor 2-1 yang terjadi sebanyak 4 kali dan skor 3-2 muncul dalam 3 kesempatan. Adapun dua hasil imbang adalah 0-0 dan 1-1.

3. Prancis 10 Kali Menang Beruntun

Kemenangan 1-0 pada semifinal EURO 2000 jadi bagian 10 kemenangan beruntun Les Bleus pada laga Portugal vs Prancis.
coachesvoice.com

Timnas Prancis punya rekor apik saat bersua timnas Portugal. Les Bleus membukukan 19 kemenangan. Dari total 19 kemenangan itu, 10 di antaranya dibukukan secara beruntun dari 1978 hingga 2015. Dalam 6 kemenangan di antaranya, Le Blues juga tak kebobolan.

Rekor kemenangan beruntun Prancis terhenti justru pada momen mahapenting, yakni final EURO 2016 di kandang sendiri, Stade de France. Tim asuhan Didier Deschamps takluk 0-1 oleh gol Eder pada menit ke-109. Kemenangan atas Les Blues membawa Seleccao das Quinas merengkuh trofi perdana sepanjang sejarah.

4. Rekor Buruk Cristiano Ronaldo

Timnas Prancis bisa dikatakan sebagai momok bagi Cristiano Ronaldo. Hingga saat ini, megabintang Portugal tersebut belum pernah mampu mencetak gol saat bersua Les Blues. Padahal, dia sudah enam kali melakoni laga Portugal vs Prancis. Di antaranya pada semifinal Piala Dunia 2006 dan finsal EURO 2016.

Bukan hanya gagal mencetak gol, Ronaldo juga tak punya rekor bagus. Dari enam pertandingan melawan Prancis, hanya sekali dirinya membawa Portugal menang, yakni di final EURO 2016. Itu pun dia harus keluar lapangan pada menit ke-25 gara-gara cedera. Sisanya, Seleccao das Quinas menuai 4 kekalahan dan 1 hasil imbang.

5. Portugal vs Prancis di EURO Selalu Ketat

Laga Portugal vs Prancis yang akan berlangsung di Stadion Puskas Arena nanti adalah yang ke-4 pada perhelatan EURO. Namun, inilah kali pertama mereka bersua pada fase grup. Sebelumnya, Seleccao das Quinas dan Les Bleus selalu bertemu pada fase gugur. Rinciannya, dua kali pada semifinal dan sekali pada final.

Ketiga pertemuan terdahulu Portugal vs Prancis di EURO tak pernah memunculkan pemenang dalam 90 menit. Pada semifinal EURO 1984, Prancis menang 3-2 setelah imbang 1-1 dalam 90 menit. Hal serupa terulang pada EURO 2000. Bedanya, Les Bleus menang 2-1. Adapun pada EURO 2016, Portugal menang 1-0 setelah imbang 0-0 dalam 90 menit.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img