5 Fakta Menarik Sejarah Pertemuan Argentina vs Brasil

BACA JUGA

Banner Gamespol Baru

Football5Star.com, Indonesia – Final Copa America 2021 memunculkan laga superclassico. Timnas Argentina berjumpa dengan timnas Brasil. Laga Argentina vs Brasil itu akan berlangsung di Stadion Maracana pada Minggu (11/7/2021) pagi WIB. Pada semifinal La Albiceleste menang adu penalti atas Kolombia, sedangkan Selecao menaklukkan Peru.

Pertandingan Argentina vs Brasil pada final nanti sangat dinantikan oleh para pencinta sepak bola dunia. Bukan apa-apa, kedua tim ini jarang saling bunuh pada turnamen besar. Apalagi, laga nanti diwarnai kesumat dendam La Albiceleste yang dikalahkan Selecao pada semifinal Copa America 2019.

- Advertisement -

Terlepas dari hal itu, ada begitu banyak fakta menarik dalam sejarah pertemuan Argentina vs Brasil sepanjang masa. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 fakta di antaranya.

1. Brasil Unggul Tipis atas Argentina

Timnas Brasil lebih unggul dalam rekor pertemuan dengan timnas Argentina.
Getty Images

Sepanjang sejarah, pertemuan Argentina vs Brasil telah berlangsung 111 kali. Dari jumlah itu, timnas Brasil mereguk 46 kemenangan. Selecao unggul tipis dari timnas Argentina yang membukukan 40 kemenangan. Adapun 25 pertemuan kedua tim ini berakhir imbang.

Dari total 111 pertemuan itu, lebih dari setengahnya adalah laga persahabatan, termasuk pada turnamen lokal. Tercatat ada 65 edisi pertemuan La Albiceleste vs Selecao yang berlangsung dengan tajuk ini. Sisanya, 33 kali di Copa America, 4 kali di Piala Dunia, 8 kali di Kualifikasi Piala Dunia, dan 1 kali di Piala Konfederasi.

2. Argentina Unggul di Copa America

Pertemuan Argentina vs Brasil pada ajang Copa America lebih sering dimenangi La Albiceleste.
Getty Images

Meskipun secara total kalah dari timnas Brasil, timnas Argentina justru unggul pada pertemuan di Copa America. Dalam 33 pertandingan, La Albiceleste memetik 15 kemenangan. Mereka unggul 5 kemenangan atas Selecao. Sementara itu, 8 pertemuan pada ajang internasional terakbar di Amerika Selatan tersebut berakhir imbang.

Menariknya, Argentina justru inferior saat bersua Brasil pada fase gugur Copa America. Dari 6 edisi Argentina vs Brasil, hanya sekali La Albiceleste lolos ke babak berikutnya. Itu terjadi pada perempat final Copa America 1993. La Albiceleste menang 6-5 lewat adu penalti setelah imbang 1-1.

3. Javier Zanetti Tersering Tampil

Javier Zanetti tampil dalam 16 laga Argentina vs Brasil pada berbagai ajang.
Getty Images

Di antara sekian banyak pemain yang pernah terlibat dalam perseteruan timnas Argentina vs timnas Brasil, Javier Zanetti punya catatan tersendiri. Pria yang kini jadi Wakil Presiden Inter Milan itu adalah pemain yang paling sering tampil dalam laga La Albiceleste vs Selecao.

Sepanjang kariernya bersama timnas Argentina dari 1994 hingga 2011, Zanetti tercatat 16 kali menghadapi Brasil. Dia hanya absen sekali, yakni dalam laga pada 2 September 2006. Dari 16 laga melawan Selecao, dia hanya memetik 5 kemenangan. Sisanya, 8 kali kalah dan 3 kali imbang. Dari 3 kali imbang, 2 kali Argentina lantas kalah lewat adu penalti.

4. Argentina vs Brasil pada Partai Final

Dari sekian banyak pertemuan yang telah dilakoni, laga Argentina vs Brasil jarang tersaji pada partai final. Laga Minggu pagi WIB nanti adalah kesempatan keempat. Dua final terdahulu dijalani pada Copa America, sedangkan satu final lainnya pada ajang Piala Konfederasi. Pada tiga final itu, Selecao selalu unggul.

Argentina dan Brasil secara beruntun bertemu pada final Copa America 2004 dan 2007. Pada dua kesempatan itu, Selecao selalu juara. Di Peru 2004, mereka menang adu penalti 4-2 setelah imbang 2-2. Adapun Di Venezuela 2007, Selecao menang 3-0. Sementara itu, pertemuan di final Piala Konfederasi 2013 berakhir 4-1 bagi Brasil.

5. Pele Tertajam pada Laga Argentina vs Brasil

Total, dalam 111 edisi pertemuan Argentina vs Brasil sejak 1914 telah tercipta 330 gol. Pemain yang jadi pencetak gol terbanyak adalah sang legenda, Pele. Pria berjuluk Perola Negra itu mengemas 8 gol dalam 10 kesempatan bersua La Albiceleste. Dia unggul atas Leonidas da Silva dan Emilio Baldonedo dengan 7 gol masing-masing.

Dari 8 gol yang dicetak Pele saat melawan Argentina, 3 di antaranya dilesakkan dalam satu laga. Itu terjadi pada 16 April 1963 ketika Selecao menang 5-2 atas La Albiceleste. Perola Negra adalah pemain Brasil pertama yang mampu membuat hat-trick di gawang Argentina.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img