5 Hal yang Harus Dilakukan Timnas Indonesia Lawan Vietnam

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Indonesia akan kembali berlaga pada lanjutan fase grup Piala AFF 2020. Rabu (15/12/2021) pukul 19.30 WIB, tim asuhan Shin Tae-yong akan menghadapi sang juara bertahan, timnas Vietnam. Laga ini akan jadi salah satu penentu dalam upaya lolos ke semifinal.

Indonesia dan Vietnam memasuki laga ini dengan rekor sempurna, sama memetik kemenangan pada 2 laga awal, Indonesia menaklukkan Kamboja dan Laos, sedangkan Vietnam menekuk Laos dan Malaysia. Untuk sementara, Tim Garuda berada di puncak klasemen karena unggul selisih gol.

- Advertisement -

Menghadapi Vietnam pada laga krusial nanti, Indonesia tentu harus sangat hati-hati meskipun punya produktivitas lebih baik di Piala AFF kali ini. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 hal yang harus dilakukan anak-anak asuh Shin Tae-yong kala melawan tim arahan Park Hang-seo.

1. Tak Perlu Habis-habisan

Timnas Indonesia harus memahami bahwa laga lawan Vietnam bukan penentu utama untuk lolos ke semifinal.
pssi.org

Sama-sama memenangi dua laga awal, timnas Indonesia dan Vietnam akan membuka peluang ke semifinal bila meraih 3 poin dari laga ini. The Golden Star Warriors bahkan dipastikan lolos karena sebelumnya menang atas Malaysia yang juga masih berpeluang ke 4 besar.

- Advertisement -

Sementara itu, bagi Indonesia, kemenangan atas Vietnam bukan jaminan ke semifinal. Kepastian lolos tetap akan ditentukan oleh hasil laga terakhir melawan Malaysia. Inilah yang harus diperhitungkan oleh Shin Tae-yong. Evan Dimas cs. tak harus habis-habisan pada laga ini karena berisiko terpuruk pada laga terakhir.

Indonesia tak harus menang atas Vietnam. Hal terpenting adalah lolos dari fase grup. Beda soal bila laga lawan Vietnam ini terjadi pada semifinal atau final. Meskipun kemenangan tentu sangat bagus, kekalahan bukanlah kiamat karena timnas Indonesia tetap akan lolos ke semifinal andai menang atas Malaysia.

2. Cetak Gol Cepat

Gol cepat dari Rachmat Irianto saat lawan Kamboja harus coba diulangi ketika timnas Indonesia lawan Vietnam.
affsuzukicup.com
- Advertisement -

Menghadapi Vietnam adalah tantangan tersendiri bagi timnas Indonesia. Tak bisa disangkal, Nguyen Quang Hai dkk. unggul dari segi permainan dan soliditas tim. Maklum saja, mereka sudah bersama-sama dalam tiga tahun terakhir dan teruji menghadapi tim-tim papan atas Asia pada Kualifikasi III Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Melawan tim seperti ini, hal yang harus dilakukan timnas Indonesia adalah memberikan tekanan psikologis. Selain menunjukkan nyali sejak wasit memulai laga, akan sangat bagus bila Evan Dimas cs. mampu menuai gol cepat seperti yang dilakukan saat melawan Kamboja pada pertandingan pertama.

Kebobolan gol cepat akan membuat kepercayaan diri para pemain Vietnam menurun. Ini bisa berpengaruh besar pada permainan mereka, terutama dalam mengalirkan bola. Sebaliknya, mental para pemain Indonesia tentu akan kian terdongkrak andai hal itu mampu dilakukan.

3. Pressing Tinggi dan Intensif

Timnas Indonesia harus berani melakukan pressing tinggi saat melawan Vietnam.
Getty Images

Sebelum pertandingan, Park Hang-seo, pelatih timnas Vietnam, melontarkan sebuah tantangan. Dia menantang timnas Indonesia untuk berani tampil menyerang dan melakukan tusukan ke pertahanan yang digalang kapten Que Ngoc Hai. Tantangan ini tak perlu diladeni oleh Shin Tae-yong.

Melawan Vietnam yang mengandalkan ball possession dan lebih solid, Indonesia tak boleh gegabah dengan bermain terbuka. Evan Dimas cs. harus tetap pada identitas sebagai tim yang mengandalkan pressing dan serangan cepat. Gaya main ini justru bisa dibilang momok bagi tim yang mengandalkan possession.

Para pemain Indonesia harus tampil agresif dalam melakukan pressing sejak di pertahanan lawan. Siapa pun tahu, pertahanan The Golden Star Warriors sebetulnya lumayan rentan. Mereka rawan melakukan kesalahan dan blunder fatal bila menghadapi pressing dengan intensitas tinggi.

4. Para Pemain Harus Disiplin Posisi

Asnawi Mangkualam kerap memberi ruang kepada Lim Posth saat timnas Indonesia lawan Kamboja.
Getty Images

Ada satu titik lemah yang terlihat pada dua laga awal timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Itu adalah ketidakdisiplinan pemain menjaga posisinya. Shin Tae-yong memang memberikan keleluasaan bergerak kepada para pemain di lapangan. Namun, ini ternyata membuat beberapa di antaranya lupa posisinya.

Ambil contoh Asnawi Mangkualam di bek kanan. Saat lawan Kamboja, dia begitu eksplosif membantu seangan dari sayap. Dia juga kerap bergerak ke tengah. Namun, dia sering kali telat kembali ke posisinya. Itu membuat Lim Pisoth beberapa kali terlepas dan membuat Ryuji Utomo kewalahan.

Saat lawan Laos, hal serupa ditunjukkan bek tengah Alfeandra Dewangga. Sampai-sampai, dia akhirnya didorong ke gelandnag bertahan pada babak kedua. Melawan Vietnam, para pemain Indonesia harus lebih disiplin menjaga posisi masing-masing karena kualitas individu pemain Vietnam lebih baik dari Kamboja dan Laos.

5. Timnas Indonesia Jangan Emosional

Timnas Indonesia tak boleh tampil emosional saat lawan Vietnam.
vnexpress.net

Hal yang tak kalah krusial pada laga nanti adalah menjaga emosi. Para pemain timnas Indonesia tak boleh terlalu emosional saat menghadapi Vietnam yang sudah jadi rival baru di Asia Tenggara. Secara khusus, mereka harus melupakan insiden Doan Van Hau dengan Evan Dimas di final SEA Games 2019.

Evan Dimas cs. harus belajar dari pertemuan terakhir dengan Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab lalu. Ketika itu, mereka kalah 0-4 karena tampil terlalu emosional. Nuansa ingin balas dendam sangat terlihat jelas dengan terjangan-terjangan brutal. Salah satunya dari Pratama Arhan.

Selepas pertandingan itu, Shin Tae-yong mengakui para pemainnya bermain terlalu emosional dan berbuah 6 kartu kuning. Hal itu, menurut dia, membuat mereka melupakan semua rencana yang sudah disusunnya. Alhasil, permainan timnas Indonesia berantakan dan memudahkan lawan mendulang gol demi gol.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img