5 Keuntungan Barcelona Tanpa Lionel Messi

BACA JUGA

dinasti
5 Keuntungan Barcelona Tanpa Lionel Messi 4

Football5star.com, Indonesia – Lionel Messi bikin geger. Bagaimana tidak, pemain dengan julukan La Pulga ini dikabarkan mengajukan permintaan transfer keluar dari Barcelona.

Dikutip Football5star.com dari bbc, Rabu (26/8/2020) Messi mengajukan permintaan transfer ini lewat sebuah surat yang dikirim via faks. Dalam surat itu, Messi menyatakan keinginannya untuk mengaktifkan sebuah klausul yang ada di kontraknya.

- Advertisement -

Sontak hal ini membuat manajemen Barca kebakaran jenggot. Publik di halaman sosial media beraksi. Klub-klub lain cari perhatian dan berusaha melihat peluang untuk bisa gaet pemain 33 tahun ini. Jika pada akhirnya Messi benar-benar meninggalkan Nou Camp, bakal seperti apa Barcelona? Apakah justru ditinggal Messi bakal membuat Barca lebih untung?

Berikut 5 keuntungan bagi Barcelona ditinggal Lionel Messi:

Hemat pengeluaran

Andai Messi angkat koper dari Nou Camp, keuntungan pertama Barca tentu saja dari sisi finansial. Per Februari 2020, Messi adalah pemain Barca dengan gaji paling tinggi.

Lionel Messi dibuat bingung oleh rencana Ronald Koeman di Barcelona. (news.sky.com)

L’Equipe, merilis daftar pemain dengan bayaran tertinggi di dunia. Bintang Barcelona, Lionel Messi, ada di posisi pertama dengan gaji 8,3 juta per bulan atau setara dengan Rp 124 miliar.

Termasuk dengan gajinya, Messi sendiri pada Juli lalu sempat disebut memiliki total pendapatan 131 juta euro atau Rp 2,1 triliun. Angka ini didapat La Pulga dari pihak sponsor dan endorsment brand olahraga.

Tak lagi dianggap FC Messi

Ungkapan bahwa Messi ialah Barcelona ialah hal wajar. Berkarier secara profesional sejak 2004 setelah sebelumnya menimba ilmu di La Masia, Leo sudah memberikan banyak gelar untuk publik Catalan.

Namun menganggap Messi sebagai satu aktor tunggal dibalik kejayaan Barcelona terlalu berlebihan. Ungkapan FC Barcelona sama dengan FC Messi tidak akan lagi melekat pada klub ini sepeninggal Messi.

Terlalu mengkultuskan Messi sudah jadi bagian dari Barcelona, tidak hanya suporter, manajemen Barcelona bahkan tak segan untuk memecat direksi yang mengkritik Messi. Pada 2017 misalnya, Pere Gratacos dipecat dari jabatannya hanya karena menyebut bahwa Messi tidak akan bermain bagus tanpa bantuan dari seorang Xavi.

Regenerasi jebolan La Masia

Hengkangnya Messi dari Barca jika terjadi juga menjadi angin segar bagi pemain jebolan La Masia. Pemain-pemain seperti Ansu Fati dan Riqui Puig sudah waktunya mendapat panggung dan sorot kamera.

Selama Messi masih ada di Barca, peluang untuk para pemain muda ini bisa unjuk gigi di Nou Camp pun semakin sedikit. Regenerasi dibutuhkan La Masia sebagai akademi terbaik di dunia. Ronald Koeman sebagai pelatih anyar Barca jadi lebih leluasa memberikan tempat untuk pemain muda bermain tanpa kehadiran Messi.

Panggung untuk Ansu Fati

Salah satu pemain muda Barca yang jadi sorotan akhir-akhir ini tentu saja pemain 17 tahun Ansu Fati. Ketiadaan Messi di Barca tentu saja jadi keuntungan tersendiri bagi pemain kelahiran Guinea-Bissau ini.

Ansu Fati - Barcelona - Manchester United - beIN Sports

Fati sendiri beberapa waktu lalu masuk ke skuat Spanyol racikan Luis Enrique untuk laga persahabatan. Enrique yang notabene adalah eks pelatih Messi tentunya ingin wonderkid satu ini bisa mendapatkan kesempatan bermain lebih di musim-musim mendatang.

Selama Messi masih jadi andalan, peluang untuk Fati jadi pemain bintang akan jadi lebih sulit. Sudah cukup banyak pemain muda yang gagal bersinar di Barca saat Messi jadi yang tak tergantikan, sebut saja Giovani dos Santos.

Tak ada lagi pemain yang jadi korban

Pada 2017, Barca ditinggal oleh salah satu bintang mereka, Neymar Jr. Pemain Brasil itu memutuskan hijrah ke PSG. Terlepas anggapan miring bahwa Neymar pindah ke PSG karena faktor uang, namun salah satu alasan yang jadi sorotan keputusan Neymar saat itu adalah kebosanan bermain dengan Messi dan ingin lepas dari bayang-bayang La Pulga.

Belum lagi saat periode itu, Neymar juga memutuskan pindah disebabkan rumor Messi yang tak suka dengan keputusan Barca gaet pemain Brasil lainnya, Philippe Coutinho. Meski pada akhirnya Coutinho ke Nou Camp dan gagal di sana.

Situasi seperti ini mungkin tak lagi didapatkan Barca jika Messi hengkang. Tak ada lagi pemain yang harus dikorbankan karena ego Messi yang begitu besar.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img