5 Laga Bersejarah Inggris vs Jerman Sepanjang Masa

BACA JUGA

Banner Gamespol Baru

Football5Star.com, Indonesia – Laga Inggris vs Jerman pada babak 16 besar EURO 2020 adalah pertandingan yang paling dinantikan para penggila bola di seluruh dunia. Ini termasuk salah satu laga klasik yang sangat dinantikan setiap saat. Terutama pada turnamen besar macam Piala Dunia dan Piala Eropa.

Bukan apa-apa, hampir selalu tersaji kisah menarik dalam pertemuan Inggris vs Jerman pada turnamen besar. Dua di antaranya malah berhias kontroversi yag terus diingat hingga saat ini. Ada pula pertemuan yang diwarnai sensasi yang tak disangka-sangka.

- Advertisement -

Dari 32 pertemuan Inggris vs Jerman yang telah berlangsung sejak 1930, berikut ini Football5Star.com menyajikan 5 laga The Three Lions vs Die Mannschaft yang paling bersejarah, menarik, dan fenomenal karena hal-hal menarik yang menyertainya.

1. Inggris vs Jerman di Final Piala Dunia 1966

Pertandingan Inggris vs Jerman (Barat) pada final Piala Dunia 1966 sangatlah legendaris. Selain jadi kali pertama timnas Inggris menjuarai Piala Dunia, laga yang berlangsung di Stadion Wembley itu pun berlangsung seru. Inggris hampir menang 2-1, tapi Jerbar mencetak gol penyeimbang 2-2 tepat pada menit terakhir.

Memasuki perpanjangan waktu, kontroversi terjadi. Tendangan keras Geoff Hurst yang membentur mistar gawang Jerbar dan memantul ke tanah disahkan wasit sebagai gol atas masukan hakim garis Tofiq Bahramov. Orang-orang Jerman menyebutnya sebagai phantomtor ‘gol hantu’. Hurst lantas membawa Inggris menang 4-2 dengan gol pada menit ke-120.

2. Perempat Final Piala Dunia 1970

- Advertisement -

Setelah kalah menyakitkan pada final Piala Dunia 1966, timnas Jerman kembali bersua dengan timnas Inggris pada edisi Piala Dunia berikutnya di Meksiko. Kali ini, Die Mannschaft bersua The Three Lions pada babak perempat final. Ada kesumat dendam yang bersemayam di dada Franz Beckenbauer cs.

- Advertisement -

Apa lacur, alih-alih menggebrak guna membalas dendam, mereka malah tertinggal 0-2. Alan Mullery mengoyak jala gawang Sepp Maier pada menit ke-31. Lalu, hanya empat menit setelah babak kedua dimulai, Martin Peters mencetak gol kedua. Namun, Jerman bangkit. Franz Beckenbauer dan Uwe Seeler menyamakan kedudukan. Lalu, Gerd Mueller memastikan kemenangan 3-2 lewat golnya pada menit ke-108.

3. Semifinal Piala Eropa 1996

Football is coming home. Begitulah slogan yang diusung Inggris saat jadi tuan rumah EURO 1996. Tentu saja, target mereka adalah menjadi juara untuk kali pertama pada ajang ini dan mengulang kejayaan 30 tahun sebelumnya saat juara Piala Dunia 1966 ketika bertindak sebagai tuan rumah.

Akan tetapi, semuanya buyar pada semifinal di tangan Jerman. Laga Inggris vs Jerman di Wembley diawali gol cepat Alan Shearer hanya 3 menit setelah wasit meniup peluit awal. Namun, 13 menit kemudian, Stefan Kuntz membuat gol penyama kedudukan. Skor 1-1 bertahan hingga 120 menit. Adu penalti! Jerman menang 6-5 setelah eksekusi Gareth Southgate digagalkan Andreas Koepke, sementara Andreas Moeller memperdaya David Seaman.

4. Kualifikasi Piala Dunia 2002

Kejutan tersaji dalam pertemuan timnas Inggris dengan Jerman pada babak kualifikasi Piala Dunia 2002. Bertandang ke Stadion Olimpiade, Munich, The Three Lions menang besar 5-1. Itu sungguh sensasional. Tertinggal lebih dulu oleh gol Carsten Jancker pada menit ke-6, Michael Owen membuat babak pertama imbang 1-1 dengan golnya pada menit ke-12.

Memasuki babak kedua, timnas Inggris merajalela. Owen menambah dua gol, sementara Steven Gerrard dan Emile Heskey mencetak 1 gol masing-masing. Sepanjang sejarah pertemuan Inggris vs Jerman, itu adalah rekor kemenangan terbesar. Bagi The Three Lions, kemenangan besar itu jadi balasan atas kenangan pahit kalah 0-1 pada laga terakhir sebelum Wembley dihancurkan dan diganti dengan stadion baru.

5. Babak 16 Besar Piala Dunia 2010

Pertemuan terakhir Inggris vs Jerman pada turnamen besar tersaji pada babak 16 besar Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Skor akhir 4-1 bagi Die Mannschaft. Thomas Mueller mencetak brace, sementara Miroslav Klose dan Lukas Podolski mencetak satu gol masing-masing. Adapun gol balasan Inggris dijejalkan Matthew Upson.

Bukan skor telak itu yang jadi memori, tapi insiden pada menit ke-38. Bola hasil tembakan keras Frank Lampard membetur mistar dan memantul di dalam gawang Jerman. Namun, Manuel Neuer cekatan mengambilnya. Wasit Jorge Larrionda pun tak mengesahkannya jadi gol. Padahal, andai disahkan, kedudukan jadi 2-2 dan hasil akhir mungkin akan berbeda. Bukan tak mungkin justru Inggris yang menang dan lolos ke perempat final.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img