5 Rekor Menarik Copa America Usai Argentina Juara

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Copa America selesai digelar. Pada ajang yang berlangsung di Brasil ini Argentina sukses keluar sebagai juara.

Bagi Argentina, ini pertama kalinya mereka juara dalam 28 tahun terakhir. Ya butuh waktu lama untuk mereka kembali naik singgasana.

- Advertisement -

Hal serupa juga dicatatkan Lionel Messi. Di tingkat senior, ini merupakan trofi pertama yang dia persembahkan untuk negara.

Di luar itu, Copa America 2021 menghadirkan banyak rekor baru. Football5star telah merangkum lima di antaranya:

  • Argentina Samai Gelar Uruguay
Lionel Messi akhirnya meraih trofi internasional pertama setelah laga Argentina vs Brasil berakhir 1-0.
Getty Images

Di final yang berlangsung di stadion Maracana, Argentina bertemu Brasil. Pertandingan berlangsung sengit kendati hanya satu gol yang tercipta.

Gol Angel Di Maria sudah cukup menjadikan Albiceleste juara. Gelar ini sekaligus jadi gelar ke-15 mereka di turnamen antarnegara Amerika Latin.

Torehan ke-15 juga mengembalikan Argentina ke daftar teratas. Mereka kini bersanding dengan Uruguay sebagai negara yang paling sering juara.

  • Ketangguhan Emiliano Martinez

Masalah Argentina terkait kiper berkualitas akhirnya selesai sejak Emiliano Martinez jadi palang pintu terakhir. Selama ini mereka selalu krisis kiper top.

Emiliano Martinez yang tampil apik bersama Aston Villa sukses menularkan performanya itu ke timnas Argentina. Banyak penyelamatan gemilang yang dia buat sepanjang turnamen.

Hasilnya bisa dilihat selama Copa America. Dia tidak hanya membawa Argentina juara. Tapi juga sukses bukukan cleansheet terbanyak dengan membukukan empat kali nirbobol.

  • Kemenangan Bersejarah Argentina atas Brasil

Juara Argentina tahun kian sempurna. Sebab tim yang mereka kalahkan adalah tuan rumah Brasil. Ini menjadi kemenangan pertama mereka atas Brasil di final Copa America sejak 1937 silam.

Albiceleste sejatinya cukup sering mengalahkan Tim Samba. Mereka sering bertemu di kualifikasi Piala Dunia atau pertandingan persahabatan, bahkan di Copa America. Tapi di final Lionel Messi dkk selalu gagal.

Sebelumnya, kedua negara tiga kali bertemu di final Copa America. Yakni 1937, 2004, dan 2007. Ketiga laga itu dimenangkan Brasil.

  • Brasil Tim Paling Subur dan Minim Kebobolan
Sosok Misterius Ini Ramal Brasil Hancurkan Argentina 5-1

Brasil memang gagal juara dan mencetak gol di final. Tapi performa mereka sepanjang Copa America 2021 sangat mengagumkan.

Tim Samba menjadi tim paling subur sepanjang turnamen. Neymar dkk sukses menyarangkan 12 gol. Maklum saja, sebelum final mereka selalu mencetak gol di tiap pertandingan.

Tidak hanya itu, anak asuh Tite juga jadi tim dengan kebobolan paling minim. Gawang Alisson Becker hanya tiga kali kebobolan.

  • Catatan Buruk Venezuela dan Peru
Venezuela vs Peru - Copa America - @seleccionperu
twitter..com/seleccionperu

Di Amerika Selatan, Venezuela jadi tim terburuk bersama Bolivia. Predikat ini kembali ditegaskan di Copa America tahun ini.

Venezuela hanya mampu mencetak dua gol dan itu menjadikan mereka sebagai tim dengan gol paling sedikit. Dua gol itu bahkan hanya dicetak dalam satu pertandingan saat menahan imbang Ekuador 2-2.

Catatan buruk lainnya juga dibuat Peru. Berhasil menembus semifinal tidak membuat lini belakang mereka kokoh. Peru justru jadi tim dengan kebobolan terbanyak lewat 14 gol yang bersarang ke jalanya.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img