Nostalgia Hari Ini: Tuah Nomor Totti pada Debut Antonio Cassano di Timnas Italia

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Antonio Cassano pernah digadang-gadang sebagai striker masa depan Italia. Namun, pada perjalanannya karier sang bomber tak semulus apa yang diperkirakan.

Tampil mempesona bersama Bari sejak 1999, ia diangkut AS Roma dua tahun kemudian. Il Lupi bahkan sampai memecahkan rekor transfer klub demi sang wonderkid.

- Advertisement -

Performa Cassano bersama AS Roma terus meningkat. Puncaknya terjadi 2003 silam saat dirinya dipercaya untuk timnas Italia.

Antonio Cassano Francesco Totti akan Dilupakan Dalam 20 Tahun ke Depan (Retesport)
Retesport

Pelatih Italia kala itu, Giovanni Trapattoni, memanggil pemain yang baru berusia 21 tahun. Debut yang ditunggu-tunggu pun terwujud, tepat hari ini 18 tahun silam.

- Advertisement -

Kala itu Gli Azzurri tandang ke Warsawa untuk menghadapi Polandia dalam sebuah laga ujicoba. Namanya langsung dipercaya sebagai starter. Lebih menarik lagi, sang wonderkid memakai nomor punggung 10 dalam debutnya.

Padahal nomor 10 milik Francesco Totti. Namun, hari itu, Totti tak dibawa Trapattoni karena cedera. Karena itulah nomor 10 diberikan pada Cassano, khusus untuk laga itu saja.

antonio cassano
mediaset
- Advertisement -

Dalam formasi 4-3-1-2 ala Giovanni Trapattoni, Cassano tampil di belakang duet striker Christian Vieri dan Marco Di Vaio. Kendati harus melayani pemain yang lebih senior, ia sama sekali tidak canggung.

Tuah nomor 10 milik Francesco Totti dirasakan betul oleh Antonio Cassano. Sebab dalam debut tersebut dia langsung mencatatkan namanya di papan skor.

Pemain yang memutuskan pensiun di Verona itu mencetak gol pada menit ke-19. Memanfaatkan umpan Marco Marchionni, tendangan kaki kanannya  menembus jala Polandia yang dikawal Jerzy Dudek.

Antonio Cassano Gagal Menangkan Italia

Sayangnya, debut pemain 21 tahun kurang sempurna. Sebab satu golnya tak mampu membawa kemenangan untuk Gli Azzurri.

antonio cassano
Nostalgia Hari Ini: Tuah Nomor Totti pada Debut Antonio Cassano di Timnas Italia 5

Italia kalah 1-3 hari itu. Tuan rumah sudah unggul 2-0 sebelum menit ke-20 lewat gol Jacek Bak dan Tomasz Klos. Gol Antonio Cassano seolah tidak berarti kala Jacek Krzynowek memastikan kemenangan 3-1 Polandia.

Terlepas dari kekalahan itu, Giovanni Trapattoni melihat Cassano sebagai bintang menjanjikan. Pelatih gaek itu juga tak ragu menyanjung sang debutan.

“Dia bermain dengan intelegensi tinggi dan mencetak gol yang bagus. Ini menjadi debut yang sangat positif untuknya,” kata Trapattoni seperti dikutip Football5star dari CNN.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img