Hasil Argentina vs Ekuador: Lionel Messi Gemilang, La Albiceleste Melenggang

BACA JUGA

Banner Gamespol Baru

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Argentina memastikan diri lolos ke semifinal Copa America 2021 setelah mengalahkan Ekuador, Minggu (4/7/2021) pagi WIB. Laga Argentina vs Ekuador berakhir 3-0 berkat 1 gol dan 2 assist Lionel Messi. Hasil ini membuat La Albiceleste akan menghadapi Kolombia pada babak 4 besar nanti.

Argentina langsung melakukan gebrakan begitu pertandingan dimulai. Lionel Messi cs. membombardir pertahanan Ekuador dengan tusukan-tusukan berbahaya. Peluang demi peluang pun didapatkan tim asuhan Lionel Scaloni. Namun, berkali-kali mentah karena ketangguhan pertahanan La Tri atau penyelesaian akhir yang buruk.

- Advertisement -

Peluang terbaik Argentina didapatkan pada menit ke-22. Menerima back pass pemain lawan, Lionel Messi melakukan akselerasi ke dalam kotak penalti dan tinggal berhadapan dengan Galindez. La Pulga lantas melepaskan tendangan ke tiang jauh. Apa lacur, bukannya masuk ke gawang, bola malah membentur tiang dan lantas disapu pemain belakang.

Pada akhirnya kebuntuan pecah pada menit ke-40. Nicolas Gonzalez mendapatkan umpan terobosan, lalu dijegal Galindez. Namun, bola berhasil didapatkan Lionel Messi yang lantas memberikan umpan kepada Rodrigo de Paul yang tanpa kesalahan menjebol gawang Ekuador.

Argentina hampir menggandakan keunggulan pada pengujung babak pertama. Sundulan Nicolas Gonzalez mampu dimentahkan Galindez. Bola yang muntah pun gagal disongsong lagi dengan apik oleh Gonzalez hingga jatuh di luar lapangan. Alhasil, skor 1-0 bertahan hingga babak pertama laga Argentina vs Ekuador usai.

Meskipun terus ditekan, bukan berarti Ekuador tanpa peluang emas. Jhegson Mendez dengan tendangan kerasnya dari luar kotak penalti sempat membuat Emiliano Martinez terbang. Lalu, dua kali Enner Valencia gagal menanduk bola dengan baik di mulut gawang Argentina sehingga bola hanya melesat ke luar lapangan.

Dua Kontribusi Di Maria

Memasuki babak kedua, Ekuador melakukan dua perubahan sekaligus. Pelatih Gustavo Alfaro menarik Carlos Gruezo dan dan Diego Palacios. Sebagai gantinya, dia memasukkan Gonzalo Plata dan Michael Estrada yang lebih bernaluri menyerang. Namun, tetap saja serangan mereka masih bersifat sporadis, tak terencana apik.

Seperti pada babak pertama, gelombang serangan terus dilakukan La Albiceleste. Namun, gol kedua dalam laga Argentina vs Ekuador tak juga tercipta. Bahkan, justru La Tri menusuk lewat umpan-umpan silang berbahaya ke kotak penalti. Perubahan nyata terlihat setelah Angel Di Maria masuk pada menit ke-71.

Gol kedua pada laga Argentina vs Ekuador akhirnya tercipta pada menit ke-85. Angel Di Maria merebut bola yang tak dapat dikuasasi dengan baik oleh Piero Hincapie. Dia lantas memberikan bola kepada Lionel Messi yang dengan jeli melepaskan umpan kepada Lautaro Martinez untuk menjebol gawang Galindez.

Di Maria kembali membuat ancaman pada menit ke-90. Menerima umpan terobosan De Paul, dia lolos sendirian, lalu ditarik Hincapie. Wasit Wilton Sampaio lantas menunjuk titik penalti. Namun, dari tinjauan ulang VAR, putusan dikoreksi jadi tendangan bebas. Toh, gol akhirnya tercipta setelah tendangan bebas Messi melesak mulus di gawang lawan. Kedudukan 3-0 pun bertahan hingga laga Argentina vs Ekuador berakhir.

Scaloni Dibuat Cemas

Permainan keras pemain lawan pada laga Argentina vs Ekuador membuat Lionel Scaloni terlihat sangat geram.
Getty Images

Di tengah dominasi permainan Argentina, pelatih Lionel Scaloni tak henti dibuat cemas. Pasalnya, para pemain Ekuador memeragakan permainan keras. Kontak fisik dan benturan keras di lapangan begitu sering terjadi di atas lapangan. Berkali-kali pula pemain La Albiceleste dibuat berguling-guling.

Pada babak pertama saja, dua kali Scaloni berteriak keras hingga keluar dari area untuk memberikan instruksi di pinggir lapangan. Pertama, saat Nahuel Molina diterjang Jhegson Mendez tapi wasit tak memberikan tendangan bebas. Dia makin geram karena dari sanalah tercipta peluang bagi lawan.

Kali kedua Scaloni meledak saat Giovani Lo Celso gihalau dua pemain sekaligus. Lo Celso dibuat terbang oleh terjangan Mendez dan Alan Franco secara bersamaan. Gara-gara itu, Mendez dan Franco bertabrakan sementara Lo Celso terbang. Kartu kuning akhirnya diberikan wasit kepada Franco.

Susunan Pemain Argentina vs Ekuador

Argentina (4-3-3): 23-Emiliano Martinez, 26-Nahuel Molina, 6-German Pezzella, 19-Nicolas Otamendi, 8-Marcos Acuna, 7-Rodrigo De Paul, 5-Leandro Paredes (18-Guido Rodriguez 71), 20-Giovani Lo Celso (11-Angel Di Maria 71), 10-Lionel Messi, 22-Lautaro Martinez (9-Sergio Aguero 90), 15-Nicolas Gonzalez (3-Nicolas Tagliafico 83)
Pelatih: Lionel Scaloni

Ekuador (4-2-3-1): 1-Hernan Galindez, 17-Angelo Preciado, 3-Piero Hincapie, 4-Robert Arboleda, 7-Pervis Estupinan, 20-Jhegson Mendez, 21-Alan Franco (23-Moises Caicedo 70), 15-Angel Mena (9-Leonardo Campana 84), 10-Carlos Gruezo (11-Michael Estrada 46), 27-Diego Palacios (19-Gonzalo Plata 46), 13-Enner Valencia
Pelatih: Gustavo Alfaro

K. Kuning: Otamendi 45, Gonzalez 66 – Preciado 20, Franco 31, Estupinan 44, Hincapie 88
K. Merah: Hincapie 90
Wasit: Wilton Pereira Sampaio

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img