Media Korea Selatan Sebut Asnawi Mangkualam Mirip Philipp Lahm

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5star.com Indonesia – Setelah berhasil menjalankan tugas barunya sebagai gelandang bertahan, Asnawi Mangkualam banyak menuai pujian. Termasuk dari media Korea Selatan, yang menyebut Asnawi mirip dengan mantan pemain timnas Jerman, Philipp Lahm.

Sejak membela Ansan Greeners, Asnawi memang sudah dijajal di beberapa posisi berbeda. Namun, umumnya peran yang diembannya hampir sama. Dia dipecaya menyisir sisi lapangan dalam tiga posisi berbeda: bek kanan, gelandang kanan, hingga penyerang sayap kanan.

Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners vs Gyeongnam FC, K League 2 - K League
KLeague
- Advertisement -

Namun, ketika laga melawan Gyeongnam FC, Senin (12/7) lalu, pelatih Ansan Greeners, Kim Gil-sik, untuk kali pertama menjajal Asnawi sebagai gelandang bertahan. Peran itu ditugaskan kepadanya beberapa menit jelang laga berakhir, ketika Ansan unggul tiga gol.

“Saya sering mendapat masukan dari coach Shin Tae-yong (pelatih timnas Indonesia) soal Asnawi. Dia mengatakan ketika muda Asnawi bermain sebagai gelandang bertahan,” bilang Kim Gil-sik selepas laga.

- Advertisement -

Keputusan Kim Gil-sik mengubah posisi Asnawi di tengah pertandingan memang menyesuaikan situasi. Kala itu, Ansan dalam posisi unggul tiga gol dan butuh pemain ekstra di tengah untuk membantu pertahanan. Asnawi, yang sejak menit pertama bermain sebagai gelandang kanan dalam formasi 3-4-3, lantas digeser lebih ke tengah.

“Seketika saya teringat itu dan mencobanya. Tak disangka, Asnawi bermain melebihi ekspektasi dan memerankan tugas dengan sempurna,” puji Kim terhadap penampilan pemain timnas Indonesia tersebut.

Asnawi Mangkualam Bisa Memainkan Berbagai Peran Berbeda

- Advertisement -

Penampilan memuaskan Asnawi Mangkualam sebagai gelandang bertahan juga turut menuai pujian dari salah satu media Korea Selatan, Best Eleven. Bahkan, dalam sebuah artikel, mereka membandingkan Asnawi dengan mantan pemain Bayern Munich, Philipp Lahm, dalam hal versatility atau kemampuan memerankan sejumlah posisi.

Seperti diketahui, Lahm ketika masih aktif bermain, memang pernah memainkan sejumlah posisi berbeda. Bek kanan, bek kiri, gelandang sayap, hingga gelandang bertahan. Kemampuan itu yang dinilai mirip dengan Asnawi.

Kapten Bayern Muenchen Philipp Lahm (Zimbio)
Zimbio

“Performa Asnawi di beberapa peran berbeda sama seperti yang pernah dilakukan pemain Bayern Munich, Philipp Lahm, pada masa lalu (bisa bermain di berbagai posisi, seperti gelandang bertahan hingga sisi lapangan),” tulis Best Eleven dalam artikelnya.

Dalam sepak bola modern, kemampuan memerankan berbaga posisi berbeda memang menjadi kelebihan yang lumrah dimiliki. Khusus di Jerman, setelah Lahm kini ada lagi pemain yang mampu meneruskan peran tersebut, yakni Josua Kimmich.

Asnawi, dengan kemampuan versatility, diyakini bakal mendapat keuntungan lebih dalam menjaga posisinya di skuat Ansan Greeners. Pelatih Kim Gil-sik bisa selalu memainkannya di posisi berbeda, sesuai kebutuhan tim.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img