Asnawi Mangkualam: Masak, Cuci Ganggu Istirahat Saya

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Asnawi Mangkualam tak memungkiri, sempat kesulitan menaklukkan Korea Selatan. Bukan cuma iklim sepak bolanya, dia juga harus bisa beradaptasi karena hidup sendiri di Negeri Gingseng tersebut.

Seperti diketahui, kapten timnas Indonesia itu memang sudah dua musim terakhir berkarier di Korea Selatan bersama Ansan Greeners. Awalnya memang sulit baginya, tapi kemudian di musim keduanya bisa menunjukkan performa impresif dengan dua gol dan dua assist.

Asnawi Mangkualam: Masak, Cuci Ganggu Istirahat Saya
K League
- Advertisement -

Akan tetapi jelas, semua itu dilalui oleh Asnawi Mangkualam dengan jalan berliku. Dia pun mengaku kalau urusan pribadinya pun sempat bikin kesulitan. Sebab memang dia harus mengurus semuanya sendiri.

“Awal-awal memang sulit karena saya tinggal sendiri, semua harus pribadi yang urus, tetapi di tahun ini mulai membaik, mulai bisa tahu apa yang dilakukan,” ungkap Asnawi Mangkualam dalam kanal YouTube KLeague.

Asnawi Mangkualam: Masak, Cuci Ganggu Istirahat Saya
K League
- Advertisement -

“Memang tinggal sendiri sulit karena banyak hal yang harus saya kerjakan sendiri, masak, menyuci, bersihkan rumah sendiri, itu mengganggu proses istirahat saya,” sambung dia.

Asnawi Mangkualam Terbantu

Selain soal kehidupan pribadi yang membaik di Korsel, proses adaptasi Asnawi Mangkualam dalam ranah sepak bola pun terbantu oleh rekan-rekannya. Memang, banyak pemain Ansan yang tak berbahasa Inggris, tapi dia mendapat banyak bantuan.

Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners - Sports-G
Sports-G
- Advertisement -

“Kalau di tim, hampir semua membantu saya karena memang itu yang saya minta dalam segi komunikasi, sebagai pemain asing, bahasa sulit. Yang saya tahu juga di Ansan banyak yang tak paham dengan bahasa Inggris, tapi semua pemain sangat membantu karena komunikasi dalam cara apapun,” tutup dia.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img