Asnawi Mangkualam Sama Seperti Son Heung-min di Korea

BACA JUGA

Gamespool new banner 2

Football5star.com Indonesia – Kesuksesan acara Indonesia Fans Day yang digelar Ansan Greeners membuat Asnawi Mangkualam mendapat sebutan baru. Statusnya kini disamakan dengan bintang sepak bola Korea Selatan (Korsel), Son Heung-min.

Beberapa pekan lalu, Ansan memang menggelar acara spesial untuk orang Indonesia yang berdomisili di Korsel. Acara yang terselenggara berkat kerja sama dengan salah satu bank di Korsel dengan tajuk Indonsia Fans Day itu bertepatan dengan laga kandang melawan Gimpo FC di Stadion Ansan Wa.

Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners vs Gimpo FC - KLeague
K League
- Advertisement -

Tak disangka, acara berlangsung sukses. Banyak pendukung asal Indonesia yang datang ke stadion dan memenuhi zona E di stadion. Jelang acara itu, pihak klub memang sengaja mengalokasikan tiket yang dijual melalui komunitas orang Indonesia di Korsel.

“Tiket yang dijual terpisah melalui komunitas orang Indonesia di Korea. Ada 3.019 tempat duduk dan sekitar 1.700 sampai 1.800 terjual melalui komunitas. Jika melihat orang yang membeli terpisah dari website, angkanya lebih dari itu,” bilang salah satu ofisial klub Ansan, seperti dikutip Football5star dari Sports-G.

Asnawi Mangkualam Naikkan Popularitas Ansan Greeners

Ansan Greeners vs Gimpo FC, spanduk Arema FC, Asnawi Mangkualam - Sports-G
Sports-G
- Advertisement -

Dalam sebuah artikelnya, Sports-G pun cukup heran dengan banyaknya pendukung asal Indonesia di stadion. Pasalnya, jika mengacu dari data pada Juni 2022, hanya ada 960 orang Indonesia yang berdomisili di Ansan. Sementara, jumlah yang datang ke stadion pada hari itu lebih besar.

Terkait hal itu, pihak klub pun memiliki jawaban, “Orang Indonesia datang ke Korea untuk bekerja. Setiap provinsi memiliki orhganisasi. Selain itu, karena Ansan merupakan kota dengan keragaman kultur, banyak estoran Indonsia di sini. Banyak juga orang Indonesia datang ke Ansan pada akhir pekan. Termasuk dari provinsi lain yang mengunjungi teman atau keluarga mereka”.

- Advertisement -

Berdasarkan fakta itu pula Ansan Greeners pada waktu itu berani mengajukan proposai menggelar Indonesia Fans Day. Komunitas orang Indonesia di Korsel pun menyambut baik rencana itu. Begitu pula dengan pendukung asal Korsel.

Son Heung-min tak terobsesi melewati rekor penampilan Cha Bum-kun di timnas Korsel.
yna.co.kr

“Dari sudut pandang orang Korea atau orang Indonesia di Korea, Asnawi memiliki status yang sama seperti Son Heung-min di Korsel. Dia membantu promosi merek dagang Ansan menjadi lebih luas hingga lingkup nasional. Terima kasih kepada komunitas sehingga acara yang digelar bisa meraup atensi dengan jumlah besar dari orang Indonesia yang ada di Ansan,” urai ofisial klub menambahkan.

Kesukesan Indonesia Fans Day pun mencapai puncak setelah Asnawi Mangkualam sukses mencetak gol perdananya di K League 2. Aksi pemain asal Makassar tersebut berlanjut dengan mencetak gol keduanya ketika Ansan mengalahkan Jeonnam Dragons pada akhir Juli lalu.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img