Anto Baret Hubungi Andie Peci, Bahas Perdamaian Aremania dan Bonek

BACA JUGA

Football5star.com Indonesia – Setelah tragedi Kanjuruhan, tokoh pendukung Arema FC, Anto Baret, mengaku sudah menghubungi pentolan suporter Persebaya Surabaya, Andie Peci, untuk membahas perdamaian Aremania dan Bonek Mania. Dia berharap, langkah ini menjadi awal positif demi menjalin hubungan baik kedua pihak suporter.

“Saya sudah berbicara banyak sama Andie Peci sebagai koordinator dan ketua suporter Bonek, dia bilang bahwa dalam pernyataan kemarin itu adik-adik sudah adem,” kata Anto Baret, seperti dikutip Football5star.com dari Antaranews.

Tragedi Kanjuruhan - Ahmad Riyadh - PSSI - Sports Illustrated
Sports Illustrated
- Advertisement -

Sejak peristiwa berdarah selepas laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pada 1 Oktober lalu, gerakan perdamaian antarsuporter memang semakin marak. Termasuk yang ditunjukkan suporter Persija Jakarta, Jakmania, dan Persib Bandung, Viking.

Kelompok suporter dari seluruh klub-klub yang ada di Indonesia pun menunjukkan persatuan dalam menyikapi tragedi yang menewaskan lebih dari 120 orang itu. Mereka serempak menggelar doa bersama di tempat masing-masing untuk para korban yang tewas dalam tragedi Kanjuruhan.

Seluruh Suporter di Indonesia Jadi Saksi Perdamaian Aremania dan Bonek

- Advertisement -

Termasuk yang mulai dijajaki adalah peluang perdamaian Aremania dan Bonek. Dikatakan Anto Baret, perdamaian antara kedua kelompok pendukung dari Jawa Timur itu akan indah jika disaksikan kelompok suporter lain penjuru Indonesia.

“Alangkah indahnya kalau pernyataan perdamaian itu didatangi kubu suporter saudara-saudara kita yang ada di Indonesia. Ya sudah tak pikir itu lebih baik kalau semua saudara suporter datang,” kata dia.

- Advertisement -

Aremania, kata dia, siap memfasilitasi tempat agar perdamaian ini bisa disaksikan oleh seluruh suporter yang ada di Indonesia.

“Dibuat acara yang seperti apa supaya persaudaraan ini kekal dan abadi yang tujuannya sama kita sebagai suporter seluruh Indonesia. Malang khususnya, ingin meninggalkan jejak peristiwa yang indah dengan perdamaian ini karena kasihan adik-adik kita di bawah,” ujar dia.

tragedi kanjuruhan-arema-suporter indonesia
football5star.com/wandasyafii

Menurutnya, proses perdamaian ini tidak sesulit yang dibayangkan. Anto mengakui semua butuh proses. Namun, tragedi Kanjuruhan membuat suporter sadar untuk menyuarakan perdamaian.

“Hujatan dan nyanyian negatif di stadion, yang ditayangkan lewat televisi, akan meracuni adik-adik kita sehingga timbul dendam. Padahal mereka tidak tahu akar permasalahannya. Inilah harus segera dihapus. Saatnya kita bersama mengubur dendam. Benci digantikan dengan cinta dan kasih sayang,” ujar Anto menambahkan.

Perdamaian Diharap Tak Hanya Aremania dan Bonek

Pada kesempatan itu, dia berterima kasih kepada Bonek yang menggelar banyak aksi doa bersama di Tugu Pahlawan Surabaya. Tak lupa, Anto berterima kasih kepada kelompok suporter di Indonesia yang telah menggelar berbagai aksi untuk mendukung dan menguatkan Aremania.

“Jadi tunggu tanggal mainnya untuk kesepakatan damai bersama. Jadi supaya tidak satu sisi atau satu suporter,” kata Anto lagi.

arema-suporter indonesia-tragedi kanjuruhan
football5star.com/wandasyafii

Pentolan Aremania lainnya, Amin Jalur Gaza, turut mendukung pembahasan perdamaian antara kedua pendukung tersebut. Dia mengaku sudah lelah dengan perseteruan yang selama ini terjadi.

“Saya mengalami di perbatasan sampai saya mengatasnamakan Aremania Jalur Gaza. Saya lelah, butuh perdamaian ini, butuh proses, berat rasanya. Kalau perdamaian ini tidak dimulai dari sekarang, sampai kapan,” ujar dia.

Amin juga sependapat bahwa tidak mudah untuk mengawali perdamaian. Sebab, ada banyak pro dan kontra di elemen pendukung.

“Apa yang dikatakan Anto Baret, harus semua elemen, semua suporter seluruh Indonesia. Kalau hanya kita dari Aremania, dari Bonek, agaknya kurang tepat. Kalau semua suporter di Indonesia, itu merupakan saksi perdamaian,” bilangnya memungkasi.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img