Barcelona vs Real Madrid: Siapa yang Paling Diuntungkan VAR?

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Video Assistance Referee atau VAR kemungkinan bisa akan menjadi kunci di laga El Clasico, Barcelona vs Real Madrid, Minggu (24/10/21). Tapi sebenarnya, berapa kali VAR digunakan di El Clasico? Siapa yang paling diuntungkan?

Sejak pengenalannya pada 2018, VAR ternyata baru dua kali mengintervensi laga El Clasico sejauh ini. Yakni pada musim 2018-19 dan musim 2020-21.

- Advertisement -

Uniknya, wasit yang akan memimpin laga nanti, Jose Maria Sanchez Martinez, terlibat di kedua momen itu.

Barcelona vs Real Madrid Siapa yang Paling Diuntungkan VAR (Evening Standard)
Evening Standard

Pertama kali VAR mengintervensi terjadi dimana VAR juga pertama kali digunakan di El Clasico, pada 28 Oktober 2018. Saat itu Barcelona memimpin 1-0, Raphael Varane menjatuhkan Luis Suarez di dalam kotak penalti.

Sanchez Martinez adalah wasit di lapangan dan tidak memberikan penalti, tetapi Alejandro Jose Hernandez Hernandez yang merupakan wasit VAR memperingatkannya untuk meninjau insiden di monitor dan dia merubah keputusannya. Barca menang telak 5-1 di laga itu.

Insiden kedua atau terakhir kali VAR mengintervensi adalah pada 24 Oktober 2020, lagi-lagi di Camp Nou.

Kini Sanchez Martinez menjadi wasit VAR dan memperingatkan wasit lapangan Juan Martinez Munuera bahwa dia harus melihat tarikan dari Clement Lenglet pada baju Sergio Ramos. Itu diberikan sebagai penalti dan Real Madrid kemudian menang 3-1.

Jadi baik Barcelona maupun Real Madrid sama-sama pernah diuntungkan oleh VAR sejauh ini.

Kapan VAR Seharusnya Bisa Mengintervensi Laga Barcelona vs Real Madrid?

Barcelona vs Real Madrid Siapa yang Paling Diuntungkan VAR (FC Barcelona Noticias)
FC Barcelona Noticias

Menurut laporan Football5Star.com dari Marca, ada beberapa momen dimana VAR seharusnya bisa mengintervensi pertandingan.

Pada laga pertama setelah insiden VAR pertama, pemain Madrid ingin wasit melihat VAR setelah Suarez terlihat menginjak kaki Nacho. Lalu setahun kemudian, pemain Madrid juga melayangkan protes yang sama ketika Lenglet menginjak paha Varane.

Lalu pada laga El Clasico terakhir musim lalu di Valdebebas, Barcelona menginginkan penalti setelah Ferland Mendy melanggar Martin Braithwaite.

“Saya tidak tahu mengapa ada VAR di Spanyol, semua orang melihat insiden itu,” kata Ronald Koeman setelah laga itu.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img