Kalah 0-5 di Liga Champions Asia, Bek Guangzhou Tendang Kepala Striker JDT

BACA JUGA

Gamespool new banner 2

Football5star.com Indonesia – Sebuah insiden terjadi ketika Johor Darul Ta’zim (JDT) dari Malaysia menghajar Guangzhou FC (Cina) 5-0 di pentas Liga Champions Asia, Jumat (15/4/2022). Bek Guangzhou, Guan Haojin, diusir dan mendapat hukuman keras akibat menendang kepala penyerang JDT, Bergson da Silva.

Insiden tersebut terjadi pada menit ke-70, ketika JDT sudah unggul 4-0 atas Guangzhou. Keempat gol JDT masing-masing dicetak melalu hat-trick Bergson (menit ke-10, 27, dan 52) serta bunuh diri He Lipan menit ke-13.

Johor Darul Ta'zim vs Guangzhou FC Liga Champions Asia - Facebook Johor Southern Tigers
Facebook Johor Southern Tigers
- Advertisement -

Dalam sebuah perebutan bola, Haojin dan Bergson tampak sama-sama terjatuh. Saat itu, kaki kiri Haojin terlihat sengaja melayang tinggi dan menghantam kepala Bergson yang lantas mengerang kesakitan. Akibatnya, Haojin langsung diganjar kartu merah oleh wasit Mohammed Al Hoaish dari Arab Saudi.

Selepas insiden itu, JDT masih bisa menambah keunggulan sekaligus mengunci kemenangan menjadi 5-0 berkat gol Ramadhan Saifullah pada menit ke-81. Kemenangan pada laga perdana itu membuat JDT untuk sementara memuncaki klasemen grup I Liga Champions Asia dengan 3 poin.

Johor Darul Ta'zim vs Guangzhou FC Liga Champions Asia, Bergson 4 - Facebook Johor Southern Tigers
Facebook Johor Southern Tigers

Guan Haojin Dihukum Berat Akibat Mengasari Pemain Johor Darul Ta’zim

- Advertisement -

Sementara bagi Guangzhou, ulah Guan Haojin menambah rasa malu akibat kekalahan telak tersebut. Melalui pernyataan resmi, Guangzhou pun menjatuhkan hukuman kepada peman berusia 26 tahun tersebut. Bahkan, jajaran pelatih pun turut terkena imbas hukuman.

“Itu adalah tindakan ilegal ketika Guan Haojin berperilaku kasar dan diusir. Staf pelatih sangat tidak disiplin dan turut melanggar aturan. Sebagai hukuman, Haojin dikeluarkan dari tim, sementara staf pelatih diberi surat peringatan. Pelatih kepala serta asisten pelatih dikenakan pemotongan gaji,” bunyi pernyataan Guangzhou, seperti dikutip Football5star dari laman resmi klub.

- Advertisement -

“Tim akan selalu mengikuti aturan yang telah ditetapkan dan menerapkan mekanisme terkait reward dan punishment. Tim mengharapkan para pemain dan staf pelatih untuk terus mematuhi aturan tim,” sambung pernyataan klub.

Johor Darul Ta'zim vs Guangzhou FC Liga Champions Asia, Bergson 2 - Facebook Johor Southern Tigers
Facebook Johor Southern Tigers

Di sisi lain, pemilik Johor Darul Ta’zim, Tunku Ismail Sultan Ibrahim yang juga Tunku Mahkota Johor (TMJ), melantunkan pujian kepada anak asuh Benjamin Mora. Dia menilai kemenangan telak itu sebagai awal yang baik dan berharap permainan konsisten terus diperagakan.

“Ini adalah awal yang baik bagi kami di Liga Champions AFC. Tantangan yang lebih besar menunggu tetapi apa pun itu, ini adalah awal yang baik. Terima kasih kepada para penggemar atas dukungan Anda,” katanya.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img