Best XI Piala AFF 2020: Dominasi Finalis

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Best XI Piala AFF 2020 boleh dibilang didominasi oleh dua finalis yang memang tampil apik, yakni Thailand dan timnas Indonesia. Dalam versi Football5Star.com, ada sembilan pemain dari kedua kesebelasan yang menghiasi Best XI edisi kali ini.

- Advertisement -

Seperti diketahui, Piala AFF 2020 resmi berakhir. Thailand didaulat menjadi kampiun. Ini adalah kali keenam pasukan Alexandre Polking itu meraih gelar juara turnamen sepak bola bergengsi antarnegara Asia Tenggara tersebut.

Namun demikian, penampilan pemain timnas Indonesia jua tak boleh dipandang sebelah mata. Faktanya, pemain Indonesia yang didominasi penggawa muda justru bisa melesat hingga partai puncak.

- Advertisement -

Nah, dari turnamen edisi kali ini, ada sejumlah nama-nama menonjol yang menarik perhatian. Mereka dipilih oleh Football5Star.com, berkat aksinya di Singapura.

Berikut Best XI Piala AFF 2020 Versi Football5Star.com:

Formasi 4-3-3
Kiper: Hassan Sunny

Kegemaran Kiper Singapura dengan Bela Diri Muay Thai
- Advertisement -

Tak berlebihan memasukkan nama Hassan Sunny sebagai kiper terbaik sepanjang turnamen ini. Singapura memang kejebolan total delapan gol hingga semifinal. Tapi, namanya mencuat ketika melawan Indonesia di semifinal leg kedua. Bahkan, menurut catatan Lapangbola, dia total melakukan sembilan penyelamatan.

Belakang: Narubadin Weerawatnodom, Alfeandra Dewangga, Kritsada Kaman, Pratama Arhan

Narubadin Weerawatnodom boleh dibilang jadi salah satu kunci permainan Thailand yang begitu cepat di sisi sayap kanan. Bahkan, dia pun sukses mencetak tiga assist berkat aksinya itu.

Narubadin Weerawatnodom adalah bek kanan andalan timnas Thailand di Piala AFF 2020.
affsuzukicup.com

Alfeandra Dewangga jadi salah satu pemain yang bersinar bersama timnas Indonesia. Dewangga sempat jadi Man of the Match saat Indonesia tahan Vietnam. Dia pun menjadi pemain yang paling banyak melakukan recoveries versi Lapangbola lawan Singapura di semifinal leg kedua, yakni lima kali.

Kritsada Kaman jadi pemain penting di lini pertahanan Thailand yang cuma kejebolan tiga gol sepanjang Piala AFF 2020. Saat lawan Indonesia di final leg kedua, dia jadi pemain yang paling banyak melakukan intercepts, yakni 11 kali.

Pratama Arhan pun perannya begitu vital di sisi kanan. Mencetak dua gol dan dua assist serta jadi pemain muda terbaik, sudah cukup alasan memasukkan Arhan di best XI Piala AFF 2020.

Tengah: Nguyen Quang Hai, Ricky Kambuaya, Supachok Sarachat

Nguyen Quang Hai - Vietnam - Piala AFF 2020 - affsuzukicup. com Best XI Piala AFF 2020: Dominasi Finalis
affsuzukicup.com

Nguyen Quang Hai memang sudah beberapa tahun terakhir jadi nyawa permainan Vietnam di lini tengah. Catatan dua assist dan dua gol buat Vietnam tentu jadi buktinya meski dia gagal membawa negaranya ke final dan mempertahankan gelar.

Ricky Kambuaya memang cuma mencetak satu gol serta satu assist buat Indonesia di Piala AFF 2020. Namun, keberadaannya di lini tengah sebagai pengatur permainan Indonesia sangat vital. Faktanya, pemain Persebaya Surabaya itu mendapatkan dua kali gelar Man of the Match di Piala AFF 2020. Kali pertama, dia jadi yang terbaik saat lawan Kamboja, lalu di final leg kedua melawan Thailand.

Masih berusia 23 tahun, Supachok Sarachat memang begitu gemilang di kubu Thailand. Statistiknya pun sangat impresif. Dia mencatatkan tiga gol dan tiga assist bersama Thailand hanya dalam delapan pertandingan saja.

Depan: Witan Suleman, Teerasil Dangda, Chanathip Songkrasin

Baru berusia 20 tahun, Witan Sulaeman pun jadi pemain tak tergantikan dalam Piala AFF kali ini. Kepercayaan itu dibalas tuntas oleh Witan dengan menjadi top assist di turnamen kali ini dengan 5 assist-nya. Dia pun sukses melesakkan dua gol.

Chanathip Songkrasin memang tak perlu lagi diragukan kemampuannya bersama Thailand. Sempat mentok di fase grup, pemain Consadolle Sapporo itu menggila dengan catatan empat gol di semifinal dan final. Salah satu aksi terbaiknya saat lawan Indonesia di final leg pertama. Tak cuma cetak dua gol, tapi dia jua melakukan 2 umpan kunci, 2 recoveries dengan akurasi umpan 94 persen.

Chanathip Songkrasin Sebetulnya Tak Nyaman dengan Cuaca Singapura
AP Photo

Teerasil Dangda memang tak mencetak gol buat Thailand di final dan semifinal. Namun, catatan empat golnya di edisi kali ini membuatnya masuk buku sejarah. Penyerang berusia 33 tahun itu kini sah menjadi top skorer sepanjang masa Piala AFF dengan 19 gol.

Berikut Best XI Piala AFF 2020:

Best XI Piala AFF 2020: Dominasi Finalis
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img