Striker Prancis Ingin Ramaikan Gelaran Piala AFF 2020

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Dilamar oleh pemain yang berbasis di Eropa bukan hanya dialami timnas Indonesia. Timnas Laos pun demikian. Striker berpaspor Prancis, Billy Ketkeophomphone, sangat ingin membela salah satu tim terlemah di Asia Tenggara tersebut.

Jelang Piala AFF 2020, Ketkeophomphone yang membela USL Dunkerque di Ligue 2, dikabarkan mengungkapkan keinginan membela tanah leluhurnya. Maklum saja, dia memang asli keturunan Laos. Kedua orang tuanya berasal dari sana yang berimigrasi ke Prancis.

- Advertisement -

Niat Ketkeophomphone itu diungkapkan saat merespons pertanyaan seorang pendukung Laos. “Aku berharap bisa segera bergabung dan bermain untuk tim nasional (Laos),” kata Billy Ketkeophomphone seperti dikutip Football5Star.com dari Matichon Online.

Billy Ketkeophomphone sempat berhadapan dengan Angel Di Maria di Ligue 1.
essentiallysports.com

Andai bergabung dengan Laos, Ketkeophomphone tentu akan jadi suntikan kekuatan tersendiri untuk menghadapi Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Kamboja di fase grup Piala AFF 2020. Namun, kemungkinan itu kecil karena waktu yang sudah mepet. Turnamen dua tahunan itu akan dimulai pada 5 Desember mendatang.

- Advertisement -

Billy Ketkeophomphone memang tak punya reputasi mentereng. Namun, dia punya pengalaman cukup bagus. Dia pernah 53 kali tampil di Ligue 1 bersama Angers SCO dengan mencetak 6 gol dan 7 assist. Lalu, di Ligue 1, dia sudah mengemas 23 gol dan 15 assist dalam 139 pertandingan.

Billy Ketkeophomphone Berat Lepas Paspor Prancis

Striker kelahiran Champigny-sur-Marn pada 24 Maret 1990 itu sebetulnya sudah lama ingin membela timnas Laos. Panggilan jiwa untuk membela tanah leluhurnya itu begitu menggebu-gebu. Namun, dia tersandung satu hal, yakni sistem kewarganegaraan yang dianut Laos.

- Advertisement -

Seperti Indonesia, Laos juga tak mengenal kewarganegaraan ganda. Artinya, jika ingin membela Laos, Ketkeophomphone harus melepas paspor Prancis yang sudah dipegang sejak lahir. Dia mengaku sangat berat untuk melakukan hal tersebut karena beberapa alasan.

Billy Ketkeophomphone ingin membela timnas Laos tanpa melepas status warga negara Prancis.
lavoixdunord.fr

“Aku akan senang hati membela timnas Laos. Sayangnya, aku tak bisa berpartisipasi karena administrasi. Di sana, mereka tak mengakui kewarganegaraan ganda. Padahal, aku ingin memiliki kewarganegraan Prancis dan Laos,” kata Ketkeophomphone kepada So Foot pada 2015.

Striker Prancis itu mengatakan, agen dan keluarganya sudah mengajukan permohonan membela Laos, tapi ditolak karena teradang status kewarganegaraan. Meski begitu, dia tak patah arang. “Mungkin suatu hari bisa terwujud. Kita tak pernah tahu. Aku benar-benar menginginkan itu,” ucap dia lagi.

Menurut Billy Ketkeophomphone, kedua orang tuanya asli Laos. Mereka pindah ke Prancis pada medio 1980-an. Dia pribadi menguasai bahasa Laos meskipun lahir di Prancis. Itu karena dengan bahasa itulah dia kerap berkomunikasi dengan anggota keluarganya.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img