Boaz Solossa, Awalnya Gemari Basket hingga Menjadi Legenda Sepak Bola

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Boaz Solossa mengakui kalau sepak bola ternyata bukan pilihan olahraga pertamanya. Dia kali pertama justru gemar dengan basket, sebelum akhirnya terjun di dunia si kulit bundar. Kini namanya seakan melegenda di sepak bola.

Siapa tak tahu Boaz Solossa? Sosok yang kini berseragam Borneo FC itu sudah malang melintang di sepak bola Indonesia sejak memulai karier profesional pada 2004. Ragam penghargaan didapatkan oleh dia. Mulai dari lima kali membawa Persipura Jayapura juara Liga Indonesia (termasuk ISC A), hingga mengantarkan timnas Indonesia dua kali runner-up, yakni 2004 dan 2016.

- Advertisement -

Prestasi individu pemain yang karib disapa Bochi itu pun mentereng. Dia tiga kali jadi top skorer Liga Indonesia, empat kali jadi pemain terbaik (termasuk ISC A), hingga didaulat jadi pemain Indonesia pertama yang masuk daftar 50 pemain Asia terbaik versi FourFourTwo 2017.

Akan tetapi, ternyata Bochi awalnya tak menggemari sepak bola. Dia memulai kegemarannya pada dunia olahraga saat bermain basket ketika muda.

Boaz Solossa Sempat Minta Waktu Menenangkan Diri dengan Keluarga

“Awal karier kebetulan saya besar di Sorong. Orang tua memiliki panti asuhan, di situ kebanyakan anak yatim. Kebetulan kami di sebelah rumah ada lapangan basket. Awalnya saya main basket sih,” ungkap Boaz Solossa dikutip kanal YouTube Borneo FC.

“Tapi ada tiang, setiap sore kami main basket dan main bola. Nah di situ mainnya saling mengenai tiang jadi saya pikir itu sangat seru ya,” sambung Bochi.

Perjalanan Bochi di sepak bola sebenarnya tak semulus yang dibayangkan. Dia sempat mendapat cobaan ketika kakinya patah saat melawan Hong Kong, 2007 silam. Dia bahkan mengaku nyaris saja memutuskan pensiun dini kala itu.

“Saya sempat merasa akhir karier saya. Tapi yang bikin saya bertahan, saya diangkat dari lapangan keluar, suporter beri semangat, saya lalu pikir bisa main lagi,” pungkas dia.

[better-ads type=’banner’ banner=’156417′ ]

- Advertisement -

You Might also like

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img