Brasil Diuntungkan Jika Lawan Cile di Fase Gugur Copa America 2021?

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Brasil lolos ke babak perempat final Copa America 2021. Hasil imbang 1-1 melawan Peru di pertandingan terakhir grup B Copa America 2021 membuat tim Selecao menjadi juara grup dengan perolehan 10 poin.

- Advertisement -

Pada babak perempat final, Brasil akan menunggu peringkat 4 grup A Copa America 2021. Saat ini, peringkat 4 grup A Copa America 2021 masih dihuni oleh Uruguay dengan 4 poin, selisih 1 poin dengan Cile di posisi ketiga.

Seandainya Uruguay mampu meraih kemenangan di partai terakhir grup A melawan Paraguay, Edinson Cavani dkk akan menyodok ke posisi ketiga dan membuat Cile harus berjumpa dengan Brasil di babak perempat final Copa America 2021.

Jika menilik dari catatan pertemuan Brasil dengan kedua negara tersebut, Neymar dkk memang akan lebih diuntungkan jika bertemu Cile dibanding Uruguay.

Statistik Brasil vs Uruguay

Brasil jumpa Uruguay pertama kali pada 12 Juli 1916. Pertemuan pertama itu terjadi di ajang Copa America. Hasilnya, Brasil kalah 1-2 dari Urugay. Secara keseluruhan, Brasil memang menang sebanyak 39 kali dari Uruguay dan kalah 21 kali.

Namun untuk ajang Copa America, Brasil selalu alot jika bertemu Uruguay. Dari 25 pertemuan, kedua tim sama-sama meraih kemenangan sebanyak 9 kali dan sisanya berakhir imbang. Pertemuan terakhir kedua tim di ajang Copa America terjadi pada 2017 dengan hasil akhir imbang 2-2.

Brasil Diuntungkan Jika Lawan Cile di Fase Gugur Copa America 2021

Akan tetapi jika merujuk pada pertemuan Brasil vs Uruguay semenjak era 2000-an, Brasil hanya kalah satu kali dan empat kali meraih hasil imbang. Sisanya Brasil meraih kemenangan 8 pertandingan.

Pada pertandingan terakhir kedua tim pada 2020, Brasil mampu meraih kemenangan meyakinkan 2-0 atas Uruguay di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Uruguay pada 2017 juga sempat dibantai Brasil dengan skor 1-4 pada pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Statistik Brasil vs Cile

Jika Uruguay menjadi lawan yang cukup alot jika bertemu Brasil di Copa Amecia, maka Cile menjadi lawan mudah. Sepanjang sejarah pertemuan kedua tim, Cile hanya mampu menang 8 kali sedangkan Brasil meraih kemenagan sebanyak 51 kali.

Bahkan pada pertemuan Brasil melawan Cile di Copa America pada periode 1916 hingga 1949, Cile sama sekali tak pernah menang melawan Brasil. Prestasi terbaiknya meraih hasil imbang sebanyak dua kali.

Brasil Diuntungkan Jika Lawan Cile di Fase Gugur Copa America 2021

Secara keseluruhan, Cile hanya tercatat tiga kali meraih kemenangan atas Brasil di ajang Copa America. Pertama pada Copa America 1956, saat itu Brasil kalah telak 1-4 dari Cile. Kedua pada 3 Juli 1987, Cile kembali menang telak 4-0 atas Selecao.

Lalu terakhir pada 21 Juni 1993, tiga gol dari Jose Luis Sierra dan Richard Zambrano (2 gol) hanya mampu dibalas dua gol dari pemain Brasil, Luis Antonio Correa da Costa alias Muller dan Palhinha.

Selain itu, sejak era 2000-an, Cile hanya mampu menang dua kali dari Brasil dan menderita kekalahan sebanyak 13 pertandingan. Di pertemuan terakhir kedua tim pada 2017, Brasil menghantam Cile dengan skor tiga gol tanpa balas.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img