Nostalgia Hari Ini: Bryan Robson, Pencetak Gol Tercepat Inggris di Piala Dunia

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Gol cepat sudah sering terjadi di sepak bola. Di kompetisi apa pun, di negara mana pun kerap tercipta gol kilat. Padahal laga belum genap satu menit.

Di Piala Dunia yang berlangsung empat tahun sekali pun, gol sebelum laga berjalan satu menit sudah banyak tercipta. Yang paling mengagetkan tentu saja dibuat legenda Turki, Hakan Sukur.

- Advertisement -

Pada Piala Dunia 2002 silam, Hakan Sukur mencetak gol ke gawang Korea Selatan saat laga baru berlangsung 10,6 detik. Sampai sekarang itu jadi gol tercepat dalam sejarah Piala Dunia.

inggris piala dunia 1982 thesportsman
thesportsman

Jauh sebelum itu, gol kilat juga kerap terjadi. Bisa dikatakan hampir setiap edisi Piala Dunia ada gol yang dibuat hanya dalma hitungan detik.

- Advertisement -

Salah satunya pernah dibuat oleh legenda Manchester United, Bryan Robson. Bersama Inggris dia membukukan sejarah itu.

The Three Lions menatap Piala Dunia 1982 dengan emosional. Maklum saja, ini merupakan Piala Dunia pertama mereka setelah absen di dua edisi sebelumnya.

Gol Cepat, Inggris Juga Pulang Cepat

- Advertisement -

Di Spanyol, The Three Lions mengawali turnamen dengan gemilang. Pada laga pertama yang berlangsung 16 Juni 1982 mereka menghadapi Prancis di San Mames.

Rasa lapar yang dirasakan setelah absen di Piala Dunia 1974 dan 1978 benar-benar dirasakan para pemain. Serangan langsung dilancarkan.

Kerja sama Steve Coppell dan Terry Butcher berhasil diselesaikan dengan apik oleh Bryan Robson. Berdiri tanpa kawalan, sang bomber melepaskan tendangan kaki kiri di mulut gawang.

Gol pembuka Inggris ini semakin spesial. Sebab Robson melakukannya hanya dalam waktu 27 detik saja. Catatan ini sekaligus menjadikan gol tersebut sebagai gol tercepat keempat dalam sejarah Piala Dunia.

bryan robson piala dunia
bbc

Tidak hanya itu, sampai sekarang hanya Robson, pemain Inggris yang mampu mencetak gol kurang dari satu menit di Piala Dunia.

Adapun laga pertama di Grup 4 berhasil dimenangkan Inggris 3-1. Prancis sempat menyamakan kedudukan lewat sontekan kaki kiri Gerard Soler. The Three Lions kemudian memastikan kemenangan lewat gol kedua Robson dan Paul Mariner.

Sayang, Inggris tak mampu melaju lebih jauh di Piala Dunia 1982. Keluar sebagai pemimpin klasemen di putaran pertama, langkah Peter Shilton dkk terhenti di putaran kedua oleh Jerman.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img