Buriram United Benar-Benar Boikot Timnas U-19 Thailand

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Ancaman Newin Chidchob, Presiden Buriram United, bukan gertak sambal. Dia benar-benar tak mengizinkan pemain yang bernaung di klubnya untuk bergabung dengan timnas U-19 Thailand asuhan Salvador Valero Garcia yang tengah bersiap menghadapi kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Hal itu terlihat jelas dari susunan 23 pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan mulai Kamis (1/9/2022). Di sana tak ada satu pun pemain Buriram. Tak terkecuali bek kiri yang juga kapten saat berlaga di Thanh Nien Cup bulan lalu, Thawatchai Inprakhon.

Salvador Valero Garcia menyebut 3 pemain Buriram United akan berlatih di Sapporo.
Facebook Changsuek
- Advertisement -

Menariknya, Valero Garcia sama sekali tak menyinggung soal boikot saat mengomentari ketiadaan pemain Buriram. “Soal tiga pemain Buriram, kami menghormati putusan klub untuk mengirim mereka berlatih di Sapporo,” kata pelatih asal Spanyol itu seperti dikutip Football5Star.com dari Siam Sport.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, “Sangat disayangkan kami harus kehilangan tiga pemain itu karena mereka sangat berkualitas dan punya disiplin tinggi untuk membela timnas. Namun, saya optimistis mereka akan berkembang pesar dengan berlatih di Jepang.”

Timnas U-19 Thailand mulai melakukan pemusatan latihan pada 1 September 2022 di Pattana Sport Club.
Facebook Changsuek

Presiden Buriram United Kecewa

- Advertisement -

Ancaman boikot diungkapkan Newin Chidchob di depan wartawan pada medio bulan lalu. Dia menegaskan tak akan lagi mengirimkan pemain ke timnas U-19 karena kecewa terhadap penurunan kedisiplinan sepulang ke klub. Dia tak menyebut nama, tapi mengatakan ada pemain yang sampai dihukum tak boleh berlatih 3 pekan.

Ancaman Presiden Buriram United itu langsung direspons oleh Presiden FA Thailand Somyot Phumphanmuang. Dia langsung memanggil Valero Garcia dan pelatih timnas U-16 Thailand, Pipob Onmo. Hasilnya, dia meminta pengetatan aturan. Adapun soal kemungkinan tetap ada boikot, dia mengaku tak bisa berbuat apa-apa.

Presiden Buriram United Newin Chidchob tak mau lagi mengirim pemain ke timnas junior Thailand.
thailand.postsen.com
- Advertisement -

Somyot mengungkapkan, untuk kelompok umur, FIFA tidak mengharuskan klub melepas pemain ke timnas. Oleh karena itu, FA Thailand tak bisa menjatuhkan hukuman apa pun kepada klub yang tak mau melepas pemainnya. Dalam hal ini, dia hanya berharap pada sikap nasionalisme semua klub.

Itulah yang akhirnya terjadi. Buriram United tetap tak melepas pemain ke timnas U-19 Thailand yang melakukan pemusatan latihan di Pattana Sport Club, Provinsi Chonburi dari 1-11 September nanti. Dalam pemusatan latihan itu, mereka akan menjalani satu uji tanding, yakni melawan timnas U-20 Hong Kong.

Pada kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada 14-18 September nanti, tim asuhan Salvador Valero Garcia tergabung di Grup G. Di sana, mereka akan berjibaku dengan Afghanistan, Filipina, dan Oman yang terpilih sebagai tuan rumah. Mereka akan berjuang untuk setidaknya menjadi 5 runner-up terbaik dari 10 grup.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img