Bursa Transfer: Bukan Siapa Main di Mana tapi Siapa Melatih di Mana

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Jelang musim 2021-22, geliat bursa transfer musim panas menjadi perhatian banyak pihak. Yang menarik di bursa transfer tahun ini ialah tidak lagi soal perpindahan pemain dari satu klub ke klub lainnya. Namun pergantian pelatih di satu klub.

- Advertisement -

Dalam beberapa hari terakhir ini, publik sepak bola dikagetkan dengan keputusan sejumlah klub besar yang melepas pelatih mereka. Peraih scudetto Serie A musim ini, Inter Milan berpisah dengan Antonio Conte.

Antonio Conte - Inter - Fabrizio Romano - Sky Sports

Kemarin, Kamis (27/5/2021) saat laga final Liga Europa, Real Madrid mengumumkan tak lagi dilatih oleh Zinedine Zidane pada musim depan. Spekulasi pun menyeruak ke publik soal siapa pelatih pengganti Conte dan Zidane.

Inter Milan disebut-sebut akan menggaet pelatih Lazio, Simone Inzaghi. Kabarnya dalam beberapa jam ke depan, Inzaghi akan diumumkan menjadi pelatih untuk Romelu Lukaku dkk.

Sedangkan Madrid dikaitkan dengan sejumlah nama mulai dari mantan pemain mereka, Raul Gonzalez dan Xabi Alonso hingga pelatih PSG, Mauricio Pochettino.

Kursi panas para pelatih

Jelang pekan akhir musim 2020-21, pemberitaan soal masa depan pelatih di satu tim menjadi fokus banyak orang. Di April lalu misalnya, Bayern Munich dengan tegas menolak permintaan pengunduran diri dari Hansi Flick.

“Pelatih kepala Bayern Hansi Flick mengumumkan keinginannya mengakhiri kontraknya yang berlaku hingga Juni 2023, pada akhir musim ini,” tulis Bayern Munchen saat itu.

Barcelona Gagal Juara, Koeman Tersirat Salahkan Pemain dan Setien

Flick sendiri pada akhirnya didaulat menjadi pelatih Jerman. Sedangkan Bayern Munich mendapatkan pelatih muda, Julian Nagelsmann. Kursi panas pelatih juga dirasakan oleh Ronald Koeman di Barcelona.

Terbaru, pelatih asal Belanda itu kabarnya deadlock saat pertemuan dengan presiden Barcelona, Joan Laporta. Rumor yang beredar, Laporta dalam 15 hari ke depan akan mencari pengganti Koeman di Nou Camp pada musim depan.

Kursi panas pelatih juga dirasakan oleh Andrea Pirlo di Juventus. Pirlo di pekan-pekan terakhir Serie A Italia diminta mundur oleh para pendukung karena hasil jeblok Cristiano Ronaldo dkk. Massimiliano Allegri disebut jadi pengganti untuk Pirlo di musim depan. Masa depan pelatih klub di Serie A Italia memang banyak jadi perhatian.

Siapa melatih di mana

Berburunya klub besar Eropa untuk mendapat pelatih bintang lima di musim depan mungkin bisa dipahami sebagai salah satu cara untuk mengakali kesulitan dapatkan pemain bagus di kondisi keuangan yang sedang tidak kondusif seperti saat ini.

Real Madrid misalnya yang dirumorkan ingin mendapatkan Pochettino. Gaji pelatih asal Argentina itu sendiri seperti dikutip dari data Wageindicator, per bulan hanya 500ribu poundsterling. Jika bisa mendapatkan Pochettino, Madrid bisa berhemat.

Rennes - PSG - Mauricio Pochettino - The Indian Paper
The Indian Paper

Gaji Zidane masih menurut sumber yang sama per bulan bisa mencapai angka 800 ribu poundsterling. Keputusan Inter untuk melepas Conte pun besar kemungkinan untuk menghemat pengeluarkan klub. Gaji Conte per bulan sebesar 863 ribu poundsterling.

Kondisi ini tentu menarik dibanding dengan bursa transfer beberapa tahun ke belakang yang lebih banyak membicarakan pemain bintang mana yang akan pindah. Saat ini yang ditunggu penggemar sepak bola ialah siapa melatih di mana.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img