Cesc Fabregas: Sepak Bola Banyak Berubah, Sekarang Jadi Permainan Robot

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Cesc Fabregas mengutarakan pendapatnya soal perubahan sepak bola. Menurutnya sepak bola sekarang sudah sangat berbeda dengan yang dulu.

Bintang AS Monaco sudah berkarier di dunia sepak bola profesional hampir dua dekade. Dia tahu betul perbedaan antara dulu dan sekarang.

Nostalgia Hari Ini Arsene Wenger Beri Ban Kapten Arsenal ke Cesc Fabregas (The Sun)
The Sun
- Advertisement -

Menurut sang gelandang, sepak bola sekarang layaknya permainan robot. Ini tak lepas dari makin berkembangnya pola permainan.

“Sepak bola telah berubah sangat, sangat banyak. Perubahan dimulai sekitar empat atau lima tahun yang lalu dan sekarang sangat menonjol. Saya sudah bekerja sama dengan berbagai pelatih dan itu tidak terjadi dengan satu atau dua orang, tapi empat atau lima,” kata Cesc Fabregas kepada Marca, Minggu (27/3/2022).

cesc fabregas-football365
football365
- Advertisement -

“Ini adalah metodologi yang didasarkan pada banyak sistem otomatis, di mana pelatih pada dasarnya memberi tahu Anda di mana Anda harus mengoper setiap saat. Pemain harus diposisikan di tempat yang tepat. Ini menjadi permainan robot,” sambungnya.

Cesc Fabregas Juga Keluhkan Tolak Ukur yang Dipakai Pelatih

Dalam sepak bola modern, banyak sisi yang dinilai pelatih atau pemandu bakat pada seorang pemain. Salah satunya statistik.

cesc fabregas
empireofthekop
- Advertisement -

Ini pula yang dikeluhkan Cesc Fabregas. Menurutnya pemain bisa dianggap tidak layak jika punya penilaian statistik yang rendah. Sekali pun pemain tersebut punya kemampuan individu yang mumpuni.

“Banyak pelatih yang terobsesi dengan angka-angka statistik. Jika Anda tidak mencapai angka-angka itu Anda dinilai tidak siap untuk bermain. Jika Anda tidak bermain Anda harus mencapai angka-angka ini untuk mempertahankan level,” tuturnya.

“Terkadang saya agak kuno dalam hal ini. Saya sudah mengalami momen-momen hebat, periode-periode hebat dalam karier, tanpa pelatihan, musim-musim yang hebat secara fisik dan mental. Sekarang sepertinya jika Anda tidak berlatih Anda tidak bisa menjadi bagus. Semuanya didasarkan pada sains, angka, dan GPS,” tutup eks Barcelona.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img