Tak Kebobolan di Fase Grup, Italia atau Inggris Pasti Juara EURO 2020?

BACA JUGA

Banner Gamespol Baru

Football5Star.com, Indonesia – Gelaran EURO 2020 kini telah memasuki babak 16 besar. Delapan pertandingan akan tersaji di 7 kota. London akan menggelar 2 pertandingan pada babak ini. Dari 16 tim yang akan bertarung, timnas Italia dan Inggris punya catatan tersendiri. Kedua tim itu tak pernah kebobolan dalam tiga laga pada fase grup.

Clean sheet sepanjang fase grup tentu saja jadi modal tersendiri saat menghadapi lawan pada babak 16 besar. Pertanyaannya kemudian, akankah salah satu di antara Italia dan Inggris yang lantas jadi juara EURO 2020? Tentu saja, masih terlalu dini untuk menjawabnya. Namun, kita bisa menelusur jejak sejarah untuk mengetahui peluang mereka menjadi juara.

- Advertisement -

Fase grup baru diberlakukan pada Piala Europa 1980. Sejak itu, tak kebobolan pada fase grup bukan hal mudah. Bahkan, sangat jarang muncul tim yang clean sheet dalam 270 menit pada tiga laga fase tersebut. Timnas Inggris pada EURO 2020 adalah yang keempat. Sebelumnya, ada timnas Italia, Jerman, dan Polandia.

Dari tiga tim terdahulu, timnas Italia dan Jerman sama-sama pernah dua kali melakoni fase grup tanpa kebobolan. Sebelum pada gelaran kali ini, Gli Azzurri juga selalu clean sheet pada fase grup Piala Eropa 1980. Adapun timnas Jerman tak kebobolan pada fase awal tersebut kala mengarungi Piala Eropa 1996 dan 2016.

Juara EURO 2020 Ikuti Jerman?

- Advertisement -

Dari deretan tim yang clean sheet sepanjang fase grup itu, hanya Jerman pada 1996 yang mampu tampil sebagai juara. Ketika itu, Die Mannschaft menang 2-0 atas Rep. Cheska, unggul 3-0 atas Rusia, dan imbang 0-0 dengan Italia di fase grup. Rekor clean sheet terhenti saat mereka menghadapi Kroasia pada perempat final. Namun, mereka melaju hingga final dan menang 2-1 atas Rep. Cheska.

Timnas Jerman gagal mengulangi hal itu pada EURO 2016. Bermodal kemenangan 2-0 atas Ukraina, 1-0 atas Irlandia Utara, dan imbang 0-0 dengan Polandia, langkah mereka terhenti pada semifinal karena kalah 0-2 dari timnas Prancis. hasil lebih buruk dituai Polandia yang juga tak kebobolan dalam tiga laga. Setelah menang 1-0 atas Irlandia Utara dan Ukraina serta imbang 0-0 dengan Jerman, mereka dihentikan Portugal pada perempat final lewat adu penalti.

Hanya timnas Jerman pada 1996 yang mampu juara dengan modal clean sheet sepanjang fase grup Piala Eropa.
dfb.de
- Advertisement -

Sementara itu, pada gelaran EURO 1980, Italia tak terkalahkan meskipun tergabung di grup keras bersama Spanyol, Inggris, dan Belgia. Mereka imbang tanpa gol dengan Spanyol dan Belgia serta menang 1-0 atas Inggris. Hasil itu membuat tim asuhan Enzo Bearzot finis di posisi runner-up grup dan gagal lolos ke final. Gli Azzurri jalah agresifitas dari Belgia yang punya selisih gol 3-2. Kala itu, juara dari dua grup langsung berlaga di partai puncak.

Melihat jejak sejarah tersebut, timnas Italia dan Inggris tak bisa terlalu jemawa. Clean sheet sepanjang fase grup bukan jaminan bagi mereka untuk juara EURO 2020. Menilik jejak sejarah, peluang mereka tidaklah besar, hanya 20 persen. Satu hal yang bisa membuat Gli Azzurri dan The Three Lions, seperti Jerman pada 1996, mereka berstatus juara di grup masing-masing.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img