Coltescu, Wasit Rasial yang Sempat Diminta Alih Profesi Jadi Musisi

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Nama Sebastian Coltescu jadi pembicaraan hangat. Wasit asal Rumania menjadi buah bibir setelah menyebut asisten pelatih Istanbul Basaksehir, Pierre Webo, dengan sebutan pria kulit hitam.

Ternyata, apa yang terjadi di Parc des Princes bukan satu-satunya kontroversi yang dia buat dalam kariernya. Pada 2007 silam ia sempat didegradasi oleh FIFA untuk memimpin pertandingan kasta kedua Liga Rumania. Tapi setahun kemudian dia kembali memimpin laga di kasta tertinggi negaranya.

- Advertisement -

November lalu ia kembali jadi buah bibir di Rumania. Memimpin pertandingan antara Gaz Metan Medias melawan Steaua Bucharest, pengadil 43 tahun membuat keputusan kontroversi.

sebastian coltescu as
Diario AS

Dia memberikan penalti untuk Gaz Metan Medias. Padahal dalam tayangan ulang terlihat jelas pemain Gaz Metan Medias yang melakukan diving.

- Advertisement -

Keputusan ini membuatnya dikecam banyak pihak. Salah satunya dari Adrian Porumboiu, mantan wasit asal Rumania. Tidak tanggung-tanggung, dia meminta wasit 43 tahun untuk alih profesi menjadi musisi atau penari.

“Seluruh kariernya dipenuhi momen-momen kelam. Dia mungkin punya bakat, tapi dia sepertinya harus memilih profesi lain. Musik atau penari lebih cocok untuknya. karena menjadi wasit Anda tidak boleh memihak,” kata Adrian Porumboiu seperti dilansir Diario AS.

- Advertisement -

“Setiap orang memahami bahwa kesalahan manusia sangat wajar dilakukan wasit. Tapi itu dalam kasus Coltescu itu bukan sekadar kesalahan manusia karena sudah dilakukan bertahun-tahun. Tidak ada pertandingan di mana dia tidak punya pengaruh langsung pada hasil akhir,” sambungnya.

Tidak kalah pedas dengan Adrian Porumboiu, pemilik Steaua Bucharest, Giga Becali, juga mengecam keras kepemimpinan Sebastian Coltescu. “Saya wasit yang lebih baik dari dia. Dia harus dikeluarkan. Saya wasit yang lebih baik dari dia,” tegas Becali 2015 lalu.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img