Cristiano Ronaldo Bisa Ancam Rekor Bagus Man. United Lawan Man. City

BACA JUGA

Banner Gamespool

Fotball5Star.com, Indonesia – Akhir pekan ini, di Premier League akan tersaji Derbi Manchester. Manchester United dijadwalkan menjamu Manchester City pada Sabtu (6/11/2021) pukul 19.30 WIB. Sudah bisa dipastikan, sosok Cristiano Ronaldo akan jadi sorotan pada laga tersebut.

Bukan apa-apa, ini akan jadi Derbi Manchester pertama bagi Ronaldo dalam 12,5 tahun. Kali terakhir dia tampil saat Man. United menang 2-0 atas Man. City pada 10 Mei 2009. Dia membuka kemenangan lewat tendangan bebasnya saat laga berjalan 17 menit. Seperti diketahui, akhir musim itu, CR7 pindah ke Real Madrid.

Cristiano Ronaldo mencetak gol dari tendangan bebas pada edisi terakhir Derbi Manchester yang dilakoninya pada 2009.
Getty Images
- Advertisement -

Pada derbi kali ini, Ronaldo akan kembali jadi harapan utama manajer Ole Gunnar Solskjaer. Sejak Man. United digasak 0-5 oleh Liverpool, dia selalu jadi protagonis. Dia mencetak gol pertama saat menang 3-0 di kandang Tottenham Hotspur. Lalu, tengah pekan lalu, dia membuat 2 gol saat imbang 2-2 di markas Atalanta.

Solskjaer tentu berharap Ronaldo mampu meneruskan tren apik Red Devils saat bersua The Cityzens. Patut dicatat, mereka hanya 2 kali kalah dalam 7 edisi terakhir Manchester Derby. Sisanya, 1 kali imbang dan 4 kali menang. Dua kekalahan itu pun dialami di Carabao Cup, bukan di Premier League.

Cristiano Ronaldo Bagus di Derbi Manchester

- Advertisement -

Sangat beralasan bila Solskjaer berharap banyak kepada sosok Cristiano Ronaldo. Dia punya rekor bagus saat menjalani Derbi Manchester. Dalam 9 penampilan sebelumnya, dia mampu membawa Red Devils menuai 5 kemenangan, 1 hasil imbang, dan hanya 3 kekalahan. Dalam 9 laga itu, dia mencetak 4 gol dan 2 assist.

Ronaldo menjalani Manchester Derby pertamanya pada 13 Desember 2003 di Stadion Old Trafford. Ketika itu, Red Devils menang 3-1 atas The Cityzens. Dia baru dimasukkan oleh Sir Alex Ferguson pada menit ke-74 untuk menggantikan Kleberson, sang pembuat assist gol ketiga Red Devils.

Cristiano Ronaldo punya rekor bagus pada Derbi Manchester.
Getty Images
- Advertisement -

Itu adalah satu-satunya Manchester Derby yang dilakoni Ronaldo dengan bangkit dari bangku cadangan. Pada delapan edisi lain, dia selalu tampil sebagai starter. Dimulai saat kedua klub bersua pada Babak V Piala FA, 14 Februari 2004. CR7 mencetak 1 gol dan 1 assist yang membawa Red Devils menang 4-2 meskipun Gary Neville diusir wasit pada menit ke-39.

Secara khusus, di Old Trafford, Ronaldo sudah menjalani 5 edisi Derbi Manchester. Hasilnya, dia menorehkan rekor 3 kali menang, 1 kali seri, dan hanya 1 kali kalah dengan mencetak 3 gol dan 2 assist. Satu-satunya kekalahan dialami pada 10 Februari 2008. Ketika itu, Red Devils takluk 1-2.

Ronaldo Diwaspadai Pep Guardiola

Menilik rekor bagus itu dan performa pada dua laga terakhir, tak heran bila Cristiano Ronaldo sangat diwaspadai Pep Guardiola, manajer Manchester City. “Mereka saat ini punya salah satu pemain terbaik dalam sejarah. Seseorang yang bisa menjadi mesin gol,” kata dia seperti dikutip Football5Star.com dari ESPN.

Menghentikan Ronaldo memang jadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Pep Guardiola. Apalagi, pada dua kesempatan terakhir, dia tak mampu melakukannya. Itu terjadi pada semifinal Liga Champions 2013-14 saat Bayern Munich melawan Real Madrid. Die Roten yang diasuhnya kalah 0-1 dan 0-4. Saat leg II, Ronaldo membuat brace dalam pesta gol Los Blancos.

Pep Guardiola sudah cukup sering menghadapi tim yang dibela Cristiano Ronaldo.
Getty Images

Meskipun demikian, saat menangani Barcelona, Guardiola mampu meredam Ronaldo. Buktinya, pemain didikan akademi Sporting CP itu hanya mampu mencetak 6 gol dalam 16 pertandingan. El Barca pun hanya 2 kali kalah dari tim yang diperkuat CR7, yakni pada 21 April 2012 di Camp Nou. Kala itu, Ronaldo mencetak gol penentu kemenangan 2-1 yang diraih Real Madrid. Sisanya, El Baca menang 8 kali dan imbang 5 kali.

Khusus menghadapi Cristiano Ronaldo saat berseragam Manchester United, laga Derbi Manchester nanti bukanlah yang pertama bagi Pep Guardiola. Sebelumnya, dia pernah mengalami itu bersama Barcelona pada final Liga Champions 2008-09. Hasilnya, El Barca menang 2-0 dan CR7 tak berdaya. Bukannya mencetak gol, dia malah diganjar kartu kuning oleh wasit pada menit ke-78.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img