Derbi Manchester: Menanti Hat-trick dari Red Devils

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Manchester United akan menjamu Manchester City pada pekan ke-10 Premier League 2023-24, Minggu (29/10/2023) malam nanti. Ini adalah Derbi Manchester edisi ke-191.

Ada banyak hal yang patut dinantikan dari pertarungan sesama klub asal Kota Manchester tersebut. Salah satunya soal pencetak hat-hatrick. Pertanyaan khusus yang muncul, akankah ada pemain Red Devils yang mampu menjaringkan trigol ke gawang The Cityzens?

- Advertisement -
Erling Haaland dan Phil Foden jadi pencetak hat-trick terakhir di Derbi Manchester.
Getty Images

Pertanyaan itu relevan karena pada musim lalu, ada dua pemain Manchester City yang melakukan hal itu. Erling Haaland dan Phil Foden sama-sama mencetak 3 gol saat tim asuhan Pep Guardiola menang 6-3.

Haaland dan Foden mengakhiri penantian selama 52 tahun. Kali terakhir ada pemain Manchester City yang mencetak hat-trick pada Derbi Manchester adalah pada 1970. Francis Lee menjaringkan 3 gol saat The Cityzens menang 4-1 di Old Trafford. Lee adalah pemain Manchester City pertama yang mencetak trigol pada laga derbi.

- Advertisement -

Catatan Istimewa Andrei Kancheslkis

Setelah Manchester City mengakhiri penantian panjang itu, akankah Manchester United juga akan melakukannya? Patut diingat, penantian mereka pun sudah lumayan panjang. Kali terakhir pemain Red Devils mencetak hat-trick di Derbi Manchester pada 1994. Pelakunya adalah Andrei Kanchelskis.

“Saya tak akan pernah melupakan pertandingan itu. Eric Cantona membuka skor dan saya mencetak gol pertama saya hanya beberapa saat sebelum turun minum. Saya mencetak gol lagi setelah jeda dan menyempurnakan ha-trick tepat sebelum laga usai,” urai Kancheslkis pada 2010 seperti dikutip Football5Star.com dari Manchester Evening News.

- Advertisement -
Andrei Kanchelskis jadi pemain Manchester United terakhir yang mencetak hat-trick di Derbi Manchester.
Getty Images

Hingga saat ini, catatan gemilang Kanchelskis belum bisa disamai siapa pun. Padahal, sederet pemain hebat sudah pernah membela Red Devils. Sebut saja Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, Ruud van Nistelrooy, dan Robin van Persie.

Kini, menilik performa Man. United yang masih belum konsisten dan subur, harapan melihat kemunculan pencetak trigol saat melawan Man. City nanti tentu saja agak berlebihan dan bisa dikatakan di luar nalar. Namun, tidak ada salahnya untuk berharap. Apalagi, hat-trick Kanchelskis telah hampir 3 dekade berlalu.

Potensi Hat-trick Man. United

Menilik daftar pencetak hat-trick di Premier League, pemain Manchester United terakhir yang melakukannya adalah Cristiano Ronaldo. Pada Maret dan April 2022, dia memborong gol saat Red Devils menang atas Tottenham Hotspur dan Norwich City dengan skor identik, 3-2. Namun, dia sudah didepak karena pernyataan kontroversialnya.

Adapun pemain yang masih ada di skuad saat ini dan punya pengalaman mencetak hat-trick di Premier League adalah gelandang Bruno Fernandes dan penyerang Anthony Martial.

Bruno Fernandes bersama Anthony Martial dan Marcus Rashford pernah membuat hat-trick untuk Manchester United.
Getty Images

Fernandes mencetak 3 gol saat Man. United menggasak Leeds United dengan skor 5-1 pada 14 Agustus 2021. Sementara itu, Martial memborong 3 gol Man. United ketika menang 3-0 atas Sheffield United pada 24 Juni 2020.

Selain itu, ada pula Marcus Rashford yang juga pernah mencetak hat-trick bagi Red Devils. Dia melakukannya saat Man. United menang 5-0 atas RB Leipzig pada fase grup Liga Champions 2020-21.

Pencetak Hat-trick di Derbi Manchester

  • 03/11/1894: Richard Smith (4 gol, Man. United)
  • 29/10/1921: Joe Spence (3 gol, Man. United)
  • 31/12/1960: Alex Dawson (3 gol, Man. United)
  • 12/12/1970: Francis Lee (3 gol, Man. City)
  • 10/11/1994: Andrei Kanchelskis (3 gol, Man. United)
  • 02/10/2022: Phil Foden (3 gol, Man. City)
  • 02/10/2022: Erling Haaland (3 gol, Man. City)
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img