Donnarumma dan Jejak Kiper Italia di Liga Prancis

BACA JUGA

Football5star.com, Indonesia – Gianluigi Donnarumma akhirnya berlabuh di Paris Saint-Germain. Ini pertama kali ia berkarier di luar Italia.

Donnarumma tiba di ibu kota Prancis tepat setelah membawa Italia juara Euro 2020. Kesuksesan itu pun membuat harapan publik Paris padanya sangat tinggi.

- Advertisement -

Sebaliknya, PSG bisa dijadikan tempat sang kiper untuk mendulang prestasi. Maklum saja performanya selama tujuh musim berseragam AC Milan hanya menghasilkan satu gelar Supercoppa Italia.

Semua orang tahu bagaimana PSG menguasai Prancis. Dalam sembilan musim terakhir saja mereka sudah mengoleksi tujuh gelar liga.

- Advertisement -

Peluang kiper 22 tahun untuk mendulang gelar terbuka lebar. Apalagi dalam sejarahnya kiper-kiper Italia yang berkarier di Liga Prancis berhasil mengangkat piala.

Ya, Gianluigi Donnarumma bukan kiper Italia pertama yang bermain di Liga Prancis. Italia yang selama ini dikenal selalu melahirkan kiper-kiper hebat juga mengirim banyak delegasi di Ligue 1.

- Advertisement -

Sebelum mantan penjaga gawang AC Milan, ada lima kiper asal Italia yang menjejakkan kakinya di Liga Prancis. Berikut di antaranya:

  • Gianluigi Buffon
gianluigi buffon akan starter lawan liverpool, manchester united, manchester city
@gianluigibuffon

Gianluigi Buffon merupakan salah satu kiper legendaris Italia. Besar bersama Parma dan melegenda di Juventus, ia sempat mengenyam Ligue 1 bersama Paris Saint-Germain.

Tugas pemain yang akrab disapa Gigi tidak mudah. Dia harus bersaing dengan kiper muda, Alphonso Areola, serta dituntut membawa Les Parisien juara Liga Champions.

Satu musim di PSG, kiper gaek mengoleksi 17 penampilan. Di sana dia melengkapi lemari trofi dengan meraih satu trofi Ligue 1 dan satu Piala Super Prancis.

  • Salvatore Sirigu
salvatore sirigu psg tsn
tsn.ca

Bukan hanya Gianluigi Donnarumma dan Gianluigi Buffon yang pernah memperkuat PSG. Ada kiper lain yang lebih dulu menuai sukses di sana. Dia adalah Salvatore Sirigu.

Salvatore Sirigu bisa dikatakan sebagai kiper tersukses Italia di Liga Prancis. Datang pada 2009 silam saat tim dibesut Carlo Ancelotti, ia tampil memukau.

Berada di ibu kota Prancis selama tujuh musim ia berhasil mencatatkan 190 penampilan. Catatan ini kian mentereng dengan 13 gelar yang dimenangkan.

  • Flavio Roma
flavio roma as monaco gentside sport
Gentside Sport

Jika Sirigu jadi kiper Italia tersukses di Prancis karena jumlah trofi, nama Flavio Roma layak menjadi kiper dengan penampilan terbanyak dengan 249 penampilan. Namanya melegenda bersama AS Monaco.

Dia pula kiper Italia pertama yang menjejakkan kaki di tanah Napoleon. Roma tiba pertama kali di AS Monaco pada 2001 silam.

Didatangkan dari Piacenza, Roma merupakan salah satu simbol dari dongeng AS Monaco 2003 silam saat mereka menembus final Liga Champions. Namun, hanya satu trofi yang berhasil dia berikan. Yakni Piala Liga Prancis musim 2002-2003.

  • Vito Mannone
vito mannone as monaco tribune
monaco-tribune.com

Berbeda dengan tiga nama di atas, Vito Mannone kurang bersinar selama merumput di Ligue 1. Dan memang karier sepak bolanya tidak pernah mulus.

Dia kerap berpindah-pindah tim mulai dari Arsenal, Hull City, Sunderland, hingga ke klub Denmark, Esbjerg. Baru tahun lalu jebolan akademi Atalanta mencicipi Liga Prancis dengan seragam AS Monaco.

Akan tetapi, kiper yang kini berusia 33 tahun tidak mendapat banyak kesempatan. Ia kalah bersaing dan hanya mencatatkan sembilan penampilan musim lalu.

  • Morgan De Sanctis
morgan de sanctis leonadrojjardim
@leonadrojjardim

Sejauh ini ada enam kiper Italia yang sedang atau pernah mengadu nasib di Liga Prancis. Menariknya mereka hanya menuju ke dua tim saja. Yakni Paris Saint-Germain dan AS Monaco.

Satu lagi kiper Negeri Pizza yang pernah berseragam Monaco adalah Morgan De Sanctis. Bedanya, Sanctis datang di penghujung karier.

AS Monaco menggaetnya dari AS Roma 2016 lalu. Dan saat itu usianya sudah 38 tahun. Alhasil hanya satu pertandingan yang mampu dibuat selama semusim sebelum akhirnya pensiun di sana.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img