Dua Bintang Thailand Beri Tips Bermain di Liga yang Lebih Top

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Selepas Piala AFF 2020, ada satu diskursus yang muncul. Beberapa pelatih terang-terangan meminta para pemain dari ASEAN berani merantau ke luar negeri, tepatnya ke liga yang lebih top. Mengenai hal itu, dua bintang Thailand, Chanathip Songkrasin dan Teerasil Dangda, angkat bicara.

Teerasil yang sempat membela Almeria, Sanfreece Hiroshima, dan Shimizu S-Pulse menekankan satu hal. Itu adalah kesiapan untuk berjuang lebih keras karena akan ada banyak masalah yang harus dihadapi untuk bisa bermain bagus dan sukses di luar negeri.

Teerasil Dangda sempat menjajal J League dengan membela Shimizu S-Pulse.
Getty Images
- Advertisement -

“Bergabung dengan liga yang lebih tinggi tentu saja tak akan pernah mudah. Ada banyak masalah yang harus dihadapi ketika pemain Asia Tenggara merantau. Tantangan yang ada sangatlah besar. Namun, kerja keras dan arah yang jelas akan menjadi penentu,” urai Teerasil Dangda seperti dikutip Football5Star.com dari Zing News.

Chanathip yang baru pindah dari Hokkaido Consadole Sapporo ke Kawasaki Frontale mengamini omongan seniornya itu. Dia secara khusus menyoroti dua kendala utama. “Bahasa dan perbedaan budaya adalah kendala terbesar. Untuk bisa berintegrasi dengan baik, harus siap menguasai bahasa asing dan secepatnya beradaptasi,” kata dia.

Dua Bintang Thailand Yakini Potensi Pemain ASEAN

- Advertisement -

Dua bintang Thailand yang bersinar di Piala AFF 2020 itu menyambut baik dorongan para pelatih agar para pemain ASEAN berani merantau ke liga-liga yang lebih top macam K League dan J League. Teerasil Dangda dan Chanathip Songkrasin yakin ada banyak pemain yang punya potensi besar.

“Sepak bola Asia Tenggara saat ini punya banyak pemain bagus yang kuyakini bisa bermain di J League. Kusarankan mereka meningkatkan kemampuan berbahasa dan menyiapkan diri untuk menghadapi lingkungan dan budaya berbeda,” ucap Chanathip lagi.

Chanathip Songkrasi jadi satu dari dua bintang Thailand yang berbagi tips soal bermain di liga yang lebih top.
Getty Images
- Advertisement -

Sementara itu, Teerasil berujar, “Siapkan diri dengan baik. Psikologi bermain jauh dari rumah adalah aspek penting yang harus betul-betul disiapkan. Setelah itu, bekerja keras di atas lapangan. Ketika pergi ke Spanyol dan Jepang, aku beruntung terbantu oleh rekan-rekan setim. Itu faktor penting.”

Bagi dua bintang Thailand itu, merantau ke negeri orang sangatlah penting guna meningkatkan kemampuan. Menurut Chanathip, berlatih dan bermain dengan para pemain yang punya kualitas tinggi akan mendongkrak kemampuan. Sementara itu, Teerasil menegaskan, tak bisa dimungkiri, kualitas kompetisi domestik masih kalah dibanding beberapa liga lain macam J League.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img