Duel Setan Merah: Kecepatan Solskjaer vs High Pressing Pioli

BACA JUGA

gamespool
Duel Setan Merah: Kecepatan Solskjaer vs High Pressing Pioli 4

Football5star.com, Indonesia – Duel setan merah akan tersaji di leg pertama babak 16 besar Liga Europa, Jumat (12/3/2021). Manchester United di bawah pelatih Ole Gunnar Solskjaer akan jamu Stefano Pioli dan skuat AC Milan.

Minus Zlatan Ibrahimovic yang tak bisa melawan mantan klubnya akibat cedera, duel setan merah akan sajikan adu taktik Solskjaer dengan Pioli. Kedua pelatih ini memiliki strategi yang cukup berbeda.

Sisi Lemah Manchester United Malah Jadi Tembok Bagi Manchester City
- Advertisement -

Solskjaer yang memiliki modal cukup baik karena mampu memenangkan derbi Manchester akhir pekan lalu memiliki ciri khas di taktiknya yakni permainan cepat. Di luar ‘kebiasaan’ United mendapatkan penalti, Red Devils musim ini memiliki gaya permainan yang cukup menjanjikan.

Kecepatan ala Solskjaer di United tidak mengandalkan pergerakan tanpa bola. Mereka lebih mengandalkan skill individu, skill individu dari Marcus Rashford, Martial, atau Greenwood yang akan melakukan dribel-dribel menusuk.

- Advertisement -

Minusnya, taktik seperti ini sangat mudah dibaca oleh tim lawan. Sebelum menang melawan City, United meraih hasil imbang tanpa gol sebanyak 3 laga beruntun. Saat pemain United terapkan penetrasi dengan kemampuan individu, pemain lawan hanya tinggal terapkan displin dalam bertahan. Hasilnya pemain United akan frustasi seperti saat melawan Crystal Palace.

Solskjaer yang sempat mencoba mencoba formasi 4-3-3, kembali gunakan pakem 4-2-3-1 peninggalan Jose Mourinho, tentunya dengan sedikit perubahan. Dengan formasi ini, pelatih Norwegia itu sangat tergantung pada peran Bruno Fernandes.

- Advertisement -

Bruno Fernandes-sentris sempat menjadi cibiran publik. Nyatanya pemain Portugal itu memang menjadi playmaker di taktik Solskjaer. Ia harus memutar otak untuk menemukan formasi dan taktik yang ideal untuk bongkar pertahanan lawan.

High pressing ala Pioli

Kecepatan dengan mengandalkan skill individu plus peran sentral Bruno Fernandes akan berhadapan dengan High pressing milik Stefano Pioli. Taktik yang mengandalkan man-oriented press ini ampuh untuk Milan, setidaknya mereka pernah hasilkan 24 laga tanpa kalah.

Tak seperti kebanyakan pelatih kawakan, Pioli merupakan tipikal pelatih filosofis seperti Conte ataupun Pep Guardiola. Pioli merupakan tipikal pelatih yang memiliki pemahaman kuat untuk anak asuhnya saat permainan berlangsung. Singkatnya Pioli adalah pelatih tipikal situasional play.

Stefano Pioli - Manchester United - AC Milan - Liga Europa - acmilan. com
acmilan.com

Pioli acapkali menginstruksikan anak asuhnya untuk melakukan pressing tinggi di area pertahanan lawan menggunakan jumlah pemain yang banyak untuk menekan bek lawan. Tujuannya tentu saja mencegah progresi serangan lawan. Apabila bola berhasil dimenangkan, bisa langsung berubah menjadi serangan balik.

Andalkan sistem pressing, man-oriented press, pemian Milan meredam serangan lawan dengan bergantung pada kemampuan individu pemainnya untuk memenangkan duel one-on-one.

Selain mengandalkan man-oriented pressing dalam sistem pertahanannya, Milan terbilang punya pertahanan solid. Pertahanan Milan sangat kompak dan cair. Bila ada satu pemain yg menekan, satu pemain lain akan melakukan defensive cover, saling menutupi.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img