Duncan Watmore Akui Handball Sebelum Buat Assist Lawan MU

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Nama Duncan Watmore tiba-tiba saja menjadi buah bibir. Pemain berumur 27 tahun itu jadi pusat kontroversi saat Middlesbrough secara mengejutkan menyingkirkan Manchester United pada Babak IV Piala FA, Sabtu (5/2/2022) dini hari WIB. Pada laga itu, Boro menang adu penalti 8-7 setelah imbang 1-1 dalam 120 menit.

Watmore bukanlah pencetak gol penyeimbang 1-1 ataupun penentu kemenangan 8-7 dalam adu penalti. Namun, dialah pembuat assist untuk Matt Crooks yang menjadikan kedudukan imbang 1-1 pada menit ke-64. Hal yang menjadi kontroversi, Watmore melakukan handball sebelum mengirim umpan kepada Crooks.

Duncan Watmore melakukan handball sebelum mengirim umpan kepada Matt Crooks.
chroniclelive.co.uk
- Advertisement -

Para pemain Man. United memprotes gol tersebut. Namun, wasit Anthony Taylor tetap mengesahkannya, bahkan setelah mendapat masukan dari VAR. Dia menilai Watmore tidak secara sengaja mengontrol bola dengan tangannya. Selepas laga, sang pemain mengungkapkan hal yang sama.

“Ya, itu memang handball. Namun, sejujurnya, itu benar-benar tak disengaja. Aku tahu persis bola mengenai tanganku, tapi itu sama sekali tak disengaja,” urai Duncan Watmore kepada ITV Sport seperti dikutip Football5Star.com dari Manchester Evening News.

Duncan Watmore Tertolong Perubahan Regulasi

- Advertisement -

Tentu saja, Duncan Watmore senang bisa membuat assist meskipun diwarnai kontroversi. “Dapat menjadi pembeda dan memberi umpan untuk Croosky itu luar biasa. Fakta dia kemudian mencetak gol, itu membuatku merasa lebih senang lagi,” ujar Watmore.

Lalu, mengapa wasit tetap mengesahkan gol Crooks meskipun Watmore jelas-jelas handball saat menerima bola yang kemudian diumpan ke mulut gawang Manchester United? Itu karena ada perubahan aturan mengenai handball yang dibuat sebelum musim ini bergulir.

Para pemain Manchester United memprotes gol penyeimbang 1-1 dari Matt Crooks.
Getty Images
- Advertisement -

Sekarang, seorang pemain dari tim yang menyerang tak akan dihukum bila tak sengaja handball sebelum mengirim assist. Dia hanya akan dinyatakan melakukan pelanggaran bila setelah handball itu mengeksekusi sendiri bola ke gawang lawan dan menjadi gol.

Pada pertandingan di Stadion Old Trafford, sebetulnya handball Duncan Watmore tak akan menyita perhatian lebih andai saja Man. United tak menyia-nyiakan banyak peluang dan meraih kemenangan. Salah satunya penalti yang gagal dieksekusi dengan baik oleh Cristiano Ronaldo saat laga baru berjalan 20 menit.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img