Eks Pemain Liga Spanyol: Sepak Bola di Indonesia Gila, Tapi..

BACA JUGA

gamespool
Eks Pemain Liga Spanyol: Sepak Bola di Indonesia Gila, Tapi.. 3

Football5star.com, Indonesia – Eks pemain Liga Spanyol, Rafael Berges menyebut bahwa sepak bola Indonesia sebenarnya memiliki banyak hal positif. Pelatih Badak Lampung itu misalnya menyebut soal antusiasme para pendukung klub di Liga Indonesia.

“Penggemarnya luar biasa. Semua permainan hampir disiarkan televisi. Liga Spanyol dan Liga Inggris juga diikuti di Indonesia. Mereka tahu segalanya dengan sempurna tentang sepak bola Spanyol. Sepak bola adalalah kegemaran di sana. Itu membuatnya gila,” ucap Berges seperti dikutip Football5star.com dari sevilla.abc, Senin (16/11/2020).

Rafael Berges
sevilla.abc
- Advertisement -

Lebih jauh Berges mengatakan bahwa hal yang mencolok baginya soal kekurangan pihak Federasi sepak bola Indonesia, PSSI. Meski Berges tak menjabarkan secara spesifik kekurangan yang ia maksud.

“Saya berada di klub yang saat ini berjuang di tengah pandemi. Pandemi juga mengubah sistem kompetisi di sana. Federasi di sana memiliki kekurangan. Untuk tim promosi ke level tertinggi hanya dua tim,”

“Ada banyak sekali stadion. Contohnya, pertandingan persahabatan ditangguhkan untuk kami di pramusim dan berlangsung di lapangan netral. Lalu ada lima ribu orang tetap berusaha menonton di stadion. Sungguh gila bagaimana mereka mengikuti sepak bola.”

Namun Berges yang pernah merumput di Celta Vigo itu kemudian memaparkan soal perbedaan kualitas kompetisi di Indonesia dibanding negara-negara lain.

“Tidak sama tentu saja. Jelas ada perbedaan dalam hal level. Di sana masih memiliki cukup banyak kekurangan dalam hal pelatihan. Sekarang LaLiga memiliki akademi di Jakarta,” kata Berges.

“Ketika saya pergi ke sana di tahun pertama, saya mengerti mengapa pada sisi bisnis, mereka meletakkan jadwal Barcelona vs Real Madrid di waktu yang tepat untuk orang Asia bisa menonton,”

Rafael Berges Martín datang ke Indonesia pada 2018 dan melatih Mitra Kukar. Ia direkrut tim asal Kalimantan itu dari klub Logrones. Pada awal Liga 1 2020, ia pindah ke tim Badak Lampung yang bermain di Liga 2.

[better-ads type=’banner’ banner=’156417′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img