Elkan Baggott Ungkap Kelemahan Timnas Indonesia

BACA JUGA

Football5star.com Indonesia – Meski belum mencatat banyak penampilan, Elkan Baggott sudah melihat ada titik lemah di timnas Indonesia. Menurutnya, salah satu kelemahan yang paling menonjol adalah soal komunikasi.

Memang, prolem komunikasi, terutama ketika bermain, sudah menjadi isu yang disorot oleh pelatih Shin Tae-yong sejak lama. Hal itu juga menjadi salah satu fokus yang terus diperbaiki.

Timnas Indonesia Piala AFF 2020
AP Photo
- Advertisement -

Bek gaek Indonesia, Victor Igbonefo, sempat berujar bahwa komunikasi antarpemain sudah membaik seiring berjalan waktu. Setiap pemain sudah makin sering berbicara hingga berteriak di tengah lapangan.

Hanya saja, persoalan itu ternyata belum sepenuhnya teratasi. Terutama ketika bicara soal adanya perbedaan bahasa yang digunakan di antara pelatih dan pemain, hingga antarpemain.

- Advertisement -

Shin Tae-yong dan beberapa staf pelatih yang berasal dari Korea Selatan, membutuhkan penerjemah untuk menyampaikan setiap pesan. Sementara, di tubuh timnas Indonesia, juga ada setidaknya dua bahasa yang dipakai, Indonesia dan Inggris.

Shin tae-yong elkan baggott timnas indonesia
Instagram @shintaeyong7777

Elkan Baggott Belum Fasih Bahasa Indonesia

Pemain seperti Elkan Baggott dan Ezra Walian masih belum lancar berbahasa Indonesia. Keduanya lebih sering berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Di sisi lain, tak banyak pemain lokal yang lancar menggunakan Bahasa Inggris.

- Advertisement -

Di antaranya ada Ryuji Utomo dan Egy Maulana Vikri yang relatif sudah terbiasa berbicara dengan Bahasa Inggris. Kondisi itu yang dinilai Baggott masih menjadi salah satu kelemahan di Skuat Garuda saat ini.

“Untuk saat ini, kelemahan Indonesia adalah komunikasi. Karena ada banyak bahasa yang digunakan. Jadi, ketika kia bisa menyiasati semua itu, aku yakin kelemahan akan teratasi,” bilang pemain asal klub Ipswich Town itu, dikutip Football5star dari youtube PSSI.

Ikhsan Fandi dan Elkan Baggott kerap terlibat duel pada laga Indonesia vs Singapura.
Getty Images

Baggott, sejauh ini sudah cukup beradaptasi dengan anggota skuat Indonesia, terutama pada gelaran Piala AFF 2020. Setelah gagal membawa Indonesia juara, kini pemain berdarah Inggris-Indonesia itu memiliki target lain yang siap dikejar untuk waktu dekat.

“Target terdekat aku bersama timnas Indonesia adalah menaikkan ranking FIFA dan memenangi beberapa kompetisi yang kami ikuti,” bilang dia menambahkan.

Sayangnya, kemungkinan besar Elkan Baggott tak akan tampil ketika timnas berpartisipasi pada Piala AFF U-23 2022 bulan depan di Kamboja. Pasalnya, Shin Tae-yong sudah menegaskan tak akan memanggil pemain yang tampil di luar negeri untu turnamen tersebut.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img