EURO 2020: 5 Fakta Pertandingan Portugal vs Jerman

BACA JUGA

Football5star.com, Indonesia – Laga Portugal vs Jerman, Sabtu (19/6/2021) berlangsung menarik. Banjir gol tercipta di Allianz Arena dalam kemenangan 4-2 Der Panzer.

- Advertisement -

Ini menjadi kemenangan pertama Jerman di Euro 2020. Hasil ini sekaligus membuka peluang untuk lolos ke 16 besar.

Sementara itu, banyaknya gol yang tercipta membuat laga Grup F ini memunculkan beberapa fakta menarik. Lima di antaranya telah dirangkum Football5star:

  • Ronaldo Samai Gol Klose

Cristiano Ronaldo kembali jadi tumpuan utama Portugal. Menghadapi Jerman di Allianz Arena dia mencetak satu gol. Gol tersebut sudah cukup membuat namanya masuk buku sejarah.

Saat ini Ronaldo telah mencetak 19 gol di turnamen besar (Piala Dunia dan Euro). Dengan kata lain ia jadi pemain Eropa dengan torehan gol terbanyak di Piala Dunia dan Euro bersama legenda Jerman, Miroslav Klose

  • Rekor 2 Gol Bunuh Diri

Euro 2020 cukup banyak menyajikan drama. Salah satunya soal gol bunuh diri yang kerap terjadi. Sampai saat ini sudah ada empat gol bunuh diri yang tercipta.

Padahal kompetisi masih berada dalam fase grup. Dan pada laga Portugal vs Jerman dua gol bunuh diri langsung tercipta. Dua gol bunuh diri dibuat bek Portugal, Ruben Dias dan Raphael Guerreiro.

Catatan ini pun memunculkan rekor baru. Portugal jadi tim pertama dalam sejarah Euro yang kebobolan lewat dua gol bunuh diri dalam satu pertandingan.

  • Rekor Gol Lain Ronaldo

Cristiano Ronaldo tidak hanya membukukan satu rekor. Di Allianz Arena ada dua rekor yang dibuat kapten timnas Portugal.

Saat ini bintang Juventus telah mencetak tiga gol di Euro 2020. Dengan kata lain dia jadi pemain pertama yang mampu mencetak tiga gol atau lebih dalam tiga gelaran Euro. Sebelumnya dia mencetak tiga gol atau lebih pada 2012 dan 2016.

  • Tim Pertama yang Cetak 4 Gol

Euro 2020 kali ini menghasilkan banyak gol. Hampir setiap laga selalu menghasilkan gol. Akan tetapi belum ada yang mampu memborong empat gol dalam satu pertandingan.

Baru Jerman yang melakukannya. Ya, kemenangan atas Portugal di Allianz Arena menjadikan mereka sebagai tim pertama yang mampu mencetak empat gol dalam satu laga.

  • Portugal Selalu Sial Hadapi Jerman

Portugal tampil digdaya belakangan ini. Termasuk kala menghantam Hungaria 3-0 pada laga pembuka Euro 2020. Kala bersua Jerman mereka juga diunggulkan.

Akan tetapi Cristiano Ronaldo dkk lagi-lagi tak berkutik di hadapan Der Panzer.  Tercatat tiga kekalahan terakhir yang diderita di ajang Piala Eropa dirasakan saat berhadapan dengan tim asuhan Joachim Loew.

Mereka sebelumnya kalah 2-3 di Euro 2008 dan 0-1 di Euro 2012. Adapun kekalahan di Allianz Arena tadi membuat Portugal kalah lima kali beruntun dari Jerman.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img