Fakta Menarik Laga Senegal vs Belanda di Piala Dunia 2022

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Belanda bisa bernapas lega setelah akhirnya menang 2-0 atas Senegal pada matchday I Grup A Piala Dunia 2022, Senin (21/11/2022) tengah malam WIB. Tim asuhan Louis van Gaal meraup kemenangan berkat gol-gol yang tercipta setelah laga melewati 80 menit.

Dalam kemenangan yang bisa dibilang dramatis itu, ada beberapa fakta menarik. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 fakta menarik dari laga Senegal vs Belanda yang berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, tersebut.

Rekor Kemenangan Louis van Gaal

- Advertisement -

Kesuksesan Belanda menekuk Senegal jadi torehan sejarah tersendiri bagi Louis van Gaal. Itu adalah kemenangan ke-38 yang diraihnya selama menjabat bondscoach. Jumlah tersebut menjadikan dia sebagai bondscoach dengan jumlah kemenangan terbanyak. Sebelumnya, rekor dipegang Dick Advocaat dengan 37 kemenangan.

Hebatnya, Van Gaal membukukan 38 kemenangan itu dari hanya 59 pertandingan. Bandingkan dengan Advocaat yang mengukir 37 kemenangan dari 62 pertandingan. Bob Glendenning bahkan butuh 87 laga untuk membukukan 36 kemenangan bersama Oranje.

Catatan Apik Van Gaal bersama Belanda di Piala Dunia

Louis van Gaal kini jadi pelatih dengan laga terbanyak bersama timnas Belanda di Piala Dunia.
Getty Images
- Advertisement -

Bukan hanya melewati rekor kemenangan terbanyak milik Dick Advocaat, Louis van Gaal juga membukukan rekor lain. Dia kini tercatat sebagai bondscoach dengan laga terbanyak di Piala Dunia. Partai Senegal vs Belanda adalah laga ke-8 yang dilakoninya sebagai bondscoach di ajang 4 tahun milik FIFA tersebut.

Van Gaal kini berada di atas 4 pelatih yang sama-sama menangani Oranje dalam 7 pertandingan di Piala Dunia. Mereka adalah Bert van Marwijk, Rinus Michels, Dick Advocaat, dan Ernst Happel. Menariknya lagi, Van Gaal tak mengalami kekalahan. Pada Piala Dunia 2014, Oranje terhenti di semifinal karena kalah adu penalti.

Oranje Clean Sheet dalam 4 Laga di Piala Dunia

Menang 2-0 atas Senegal membuat Belanda kini clean sheet dalam 4 laga terakhir di Piala Dunia.
Getty Images
- Advertisement -

Hasil laga melawan Senegal membuat Belanda kini tak kebobolan dalam 4 laga yang dilakoni di Piala Dunia. Sebelumnya, Oranje selalu clean sheet dalam 3 laga di Piala Dunia 2014. Ketika itu, mereka imbang 0-0 dengan Kosta Rika dan Argentina, lalu menang 3-0 atas Brasil.

Ini adalah kali pertama Oranje tak kebobolan dalam 4 laga beruntun di Piala Dunia. Sebelumnya, rekor adalah 3 clean sheet beruntun yang dibukukan di Piala Dunia 1974. kala itu, Oranje menang 4-0 atas Argentina, lalu menang 2-0 atas Jerman Timor dan Brasil.

Debut Unik Andries Noppert

Andries Noppert jadi pemain Belanda kedua yang menjalani debut di Piala Dunia.
Getty Images

Pada laga Senegal vs Belanda, Louis van Gaal membuat putusan menarik. Dia menurunkan Andries Noppert di bawah mistar gawang. Itu mengejutkan karena kiper sc Heerenveen tersebut sama sekali belum pernah membela Oranje pada laga-laga sebelumnya. Ya, Noppert menjalani debut saat melawan Senegal itu.

Debut bersama timnas Belanda saat berlaga di Piala Dunia adalah hal unik dan langka. Noppert adalah pemain kedua yang beruntung mendapatkan pengalaman tersebut. Sebelumnya, hal itu hanya dialami Dick Schoenaker. Dia debut saat Belanda menang 5-1 atas Austria di Piala Dunia 1978.

Jika dibandingkan, debut Noppert lebih mengesankan. Pasalnya, dia dipercaya tampil sebagai starter oleh Van Gaal. Sementara itu, Schoenaker pada 1978 hanya turun sebagai pemain pengganti. Dia dimasukkan pelatih Ernst Happel untuk menggantikan Rene van de Kerkhorf pada saat laga memasuki menit ke-60.

Catatan Menarik Virgil van Dijk

Virgil van Dijk akhirnya tampil di Piala Dunia untuk kali pertama pada caps ke-50.
Getty Images

Partai Senegal vs Belanda punya makna tersendiri bagi Virgil van Dijk. Pasalnya, itulah laga pertamanya di ajang Piala Dunia. Dalam umur 31 tahun, dia terbilang telat melakukan debut di ajang 4 tahunan milik FIFA tersebut. Menariknya, itu adalah caps ke-50 Van Dijk. Artinya, Van Dijk melakoni 49 laga sebelum akhirnya tampil di Piala Dunia. Itu tak terlepas dari kegagalan Oranje lolos ke Rusia 2018.

Dalam sejarah Oranje, hanya ada satu pemain yang membutuhkan caps lebih banyak sebelum debut di Piala Dunia. Dia adalah kiper Gejus van der Meulen. Dia melakoni 53 pertandingan bersama Oranje sebelum debut di Piala Dunia 1934. Sial bagi Van der Meulen, Oranje kalah 2-3 dari Swiss. Uniknya, itulah caps terakhir van der Meulen.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img