Fakta Piala Dunia: 1.338 Pencetak Gol, Brasil Terbanyak

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Sejak 1930 hingga 2018, fakta Piala Dunia mencatat ada 1.338 pemain yang terlibat dalam terciptanya 2.548 gol. Itu termasuk para pemain yang mencetak gol bunuh diri alias membobol gawang tim sendiri di Piala Dunia. Mereka berasal dari 77 tim.

Di antara 77 tim tersebut, Brasil merupakan tim dengan jumlah pencetak gol terbanyak. Ada 80 pemain Selecao yang mampu mencetak gol di pentas Piala Dunia. Pemain dengan koleksi gol terbanyak adalah Ronaldo Luis Nazario de Lima yang mengemas 15 gol. Berikutnya, ada Pele dengan 12 gol.

Pele mencetak 12 gol sepanjang kiprahnya di Piala Dunia.
Getty Images
- Advertisement -

Dominasi Brasil sangat bisa dipahami. Pasalnya, hingga saat ini, Selecao memang tim tersubur dengan 229 gol. Sudah dapat diterka pula, tim dengan jumlah pencetak gol kedua terbanyak adalah Jerman yang sudah mencetak total 226 gol. Ada 76 pemain Jerman yang telah membukukan gol pada ajang akbar 4 tahunan ini.

Dari 76 pemain Jerman tersebut, Miroslav Klose punya prestasi istimewa. Dia saat ini tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Dalam 4 edisi Piala Dunia dari 2002 hingga 2014, dia mengemas 16 gol. Dia memecahkan rekor 15 gol milik Ronaldo pada semifinal Piala Dunia 2014 ketika Jerman menang 7-1 atas Brasil.

Neymar sudah mencetak 6 di gelaran Piala Dunia.
Getty Images

Catatan Apik Pemain Brasil di Fakta Piala Dunia

- Advertisement -

Selain Brasil dan Jerman, tak ada tim yang memiliki setidaknya 70 pemain yang mencetak gol di Piala Dunia. Di belakang Jerman, ada Argentina dan Italia. Namun, kedua tim itu masih terpaut jauh dari Jerman. Argentina baru punya 62 pencetak gol, sementara Italia hanya 61 pencetak gol.

Terkait pemain-pemain Brasil yang sudah mencetak gol di Piala Dunia, ada hal menarik. Selecao punya 5 pemain yang merebut gelar pencetak gol terbanyak. Mereka unggul atas Jerman yang hanya memiliki 3 top scorer. Adapun Argentina, Italia, Inggris, dan Hungaria sama-sama hanya punya 2 top scorer.

Leonidas jadi pemain Brasil pertama yang jadi top scorer di fakta Piala Dunia.
Getty Images
- Advertisement -

Pemain Brasil pertama yang menjadi top scorer adalah Leonidas yang mencetak 7 gol dalam 5 pertandingan di Piala Dunia 1938. Berikutnya, ada Ademir yang dengan 8 gol dari 6 laga di Piala Dunia 1950. Adapun pada 1962, Garrincha dan Vava jadi top scorer bersama 4 pemain lain dengan torehan 4 gol.

Setelah itu, Brasil menanti lama untuk kembali memiliki pencetak gol terbanyak di ajang Piala Dunia. Romario Faria hampir saja melakukannya pada 1994, tapi koleksi golnya terhenti di angka 5, terpaut 1 gol dari Hristo Stoichkov dan Oleg Salenko. Penantian Selecao diakhiri Ronaldo pada 2002 dengan mencetak 8 gol.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img