Fakta Piala Dunia: 30 Adu Penalti, Jerman Paling Jago

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Fakta Piala Dunia kali ini masih membahas soal penalti, tapi khusus mengenai adu penalti. Sepanjang sejarah, hingga Piala Dunia 2018, telah terjadi 30 kali adu penalti. Tim yang pernah terlibat dalam adu penalti juga sebanyak 30 tim.

Adu penalti sebagai penentu pemenang pertandingan diusulkan pada 1970 dan mulai diberlakukan di Piala Dunia pada 1978. Namun, adu penalti pertama baru terjadi pada semifinal Piala Dunia 1982 ketika Jerman (Barat) menghadapi Prancis. Jerman menang 5-4. Sebelumnya, kedua tim imbang 3-3 dalam 120 menit.

- Advertisement -

Sejak Spanyol 1982, tak ada Piala Dunia yang tak dihiasi adu penalti. Bahkan, sejak Meksiko 1986, setidaknya ada dua kali adu penalti. Adapun edisi dengan adu penalti terbanyak adalah Italia 1990, Jerman 2006, Brasil 2014, dan Rusia 2018. Pada keempat edisi itu ada 4 adu penalti.

Fakta Piala Dunia menunjukkan timnas Argentina sebagai tim yang paling sering menjalani adu penalti.
Getty Images

Tim yang paling sering menjalani adu penalti adalah Argentina. Tim Tango telah melakoni 5 adu penalti dengan hasil 4 kali menang dan 1 kali kalah. Berikutnya, ada 6 tim yang menjalani 4 adu penalti. Mereka adalah Brasil, Inggris, Italia, Jerman, Prancis, dan Spanyol.

- Advertisement -

Di antara tim-tim yang menjalani setidaknya 4 adu penalti, Jerman adalah yang tersukses. Mereka selalu menang. Selain menang 5-4 atas Prancis di Piala Dunia 1982, mereka juga menaklukkan Meksiko 4-1 pada 1986, unggul 4-3 atas Inggris di Italia 1990, dan mengalahkan Argentina 4-2 pada 2006.

Fakta Piala Dunia Soal Eksekutor Adu Penalti

Jika Jerman dan Argentina tercatat sebagai tim yang paling sering memenangi adu penalti, Inggris, Italia, dan Spanyol adalah tim yang paling sering kalah. Ketiga tim itu sama-sama 3 kali dari 4 kesempatan menjalani adu penalti. Artinya, rasio kekalahan mereka mencapai 75%.

- Advertisement -

Secara total, dalam 30 adu penalti, fakta Piala Dunia mencatat ada 83 eksekusi yang gagal berbuah gol. Rinciannya, 25 eksekusi melenceng dan 58 eksekusi mampu digagalkan oleh penjaga gawang. Inggris adalah tim dengan eksekutor gagal terbanyak. Ada 8 pemain The Three Lions yang gagal menaklukkan kiper lawan.

Delapan pemain Inggris yang gagal adalah Stuart Pearce, Chris Waddle, Paul Ince, David Batty, Jamie Carragher, Steven Gerrard, Frank Lampard, dan Jordan Henderson. Dari 8 pemain tersebut, hanya Waddle yang tendangannya melenceng. Adapun 7 pemain lainnya mampu digagalkan kiper.

Danijel Subasic termasuk salah satu kiper yang paling sering menepis penalti pada adu penalti.
Getty Images

Di belakang Inggris ada Italia dengan 7 eksekutor gagal. Mereka adalah Roberto Donadoni, Aldo Serena, Franco Baresi, Daniele Massaro, Roberto Baggio, Demetrio Albertini, dan Luigi Di Biagio. Tendangan Baresi, Baggio, dan Di Biagio tak mengarah ke gawang.

Dari 30 adu penalti yang telah tersaji di Piala Dunia, sebanyak 12 di antaranya terjadi pada babak perempat final dan 11 kali pada 16 besar. Sisanya, 5 kali pada semifinal dan 2 kali pada partai final. Dua final dengan adu penalti terjadi pada 1994 (Brasil vs Italia) dan 2006 (Italia vs Prancis).

Lalu, siapa kiper yang paling sering menepis eksekusi lawan pada adu penalti? Ada 3 orang, yaitu Harald Schumacher, Sergio Goycoechea, dan Danijel Subasic. Mereka sama-sama menepis 4 penalti. Secara total, bersama Claudio Andre Taffarel, Goycoechea dan Subasic sama-sama tak mampu ditaklukkan oleh 5 eksekutor lawan pada adu penalti.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img