Fakta Piala Dunia: 5 Tim Tanpa Gol, 2 dari Asia

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Pada bahasan fakta Piala Dunia kemarin, kita berbicara soal total gol yang sudah tercipta dari 1930 hingga 2018. Untuk kali ini, kita tetap bicara soal gol. Tepatnya membahas soal tim-tim yang gagal mencetak gol di putaran final Piala Dunia.

Secara total, sudah ada 82 tim yang berkiprah di Piala Dunia. Itu termasuk 10 tim yang pernah tampil dengan panji lain. Misalnya Kroasia dan Serbia yang dulunya Yugoslavia. Juga Rusia dan Ukraina yang dulunya Uni Soviet. Jerman pun sempat pecah dua, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur.

Hindia Belanda tercatat dalam fakta Piala Dunia sebagai satu-satunya tim yang sekali tampil dan gagal mencetak gol.
the-afc.com
- Advertisement -

Dari 82 tim yang pernah berkiprah di Piala Dunia, ada 5 tim yang gagal mencetak gol. Dua di antaranya adalah wakil Asia. Pertama, Hindia Belanda yang merupakan cikal bakal Indonesia. Kedua, Cina. Adapun tiga tim lainnya adalah Republik Demokratik Kongo, Kanada, dan Trinidad & Tobago.

Kelima tim itu sama-sama baru tampil di satu edisi Piala Dunia. Bahkan, Hindia Belanda hanya tampil 1 kali. Lolos ke Piala Dunia 1938, tim asuhan Jan Mastenbroek harus berhadapan dengan Hungaria. Hasilnya, mereka kalah telak. Gawang Tan Mo Heng jebol 6 kali, sementara para pemain Hindia Belanda gagal mencetak gol.

Kesempatan Kanada Ubah Fakta Piala Dunia

- Advertisement -

Berbeda dengan Hindia Belanda, 4 tim lainnya tampil dalam 3 pertandingan. Pada Piala Dunia 1974, RD Kongo sebagai salah satu wakil Afrika mengawali kiprahnya dengan kalah 0-2 dari Skotlandia. Kemudian, mereka digasak 0-9 oleh Yugoslavia. Terakhir, mereka takluk 0-3 saat menghadapi sang juara bertahan, Brasil.

Catatan serupa diikuti Kanada pada Piala Dunia 1986. Wakil Concacaf ini kalah 0-1 dari Prancis, takluk 0-2 dari Hungaria, dan kembali terjungkal 0-2 saat menghadapi Uni Soviet. Namun, mereka punya kans mengubah fakta Piala Dunia tersebut karena akan tampil di Qatar 2022. Mereka segrup dengan Belgia, Kroasia, dan Maroko.

Kanada tak berdaya di Piala Dunia 1986 tapi bisa mengubah fakta Piala Dunia pada gelaran Qatar 2022.
Getty Images
- Advertisement -

Tim yang gagal mencetak gol di Piala Dunia kembali muncul di Piala Dunia 2002. Cina yang mendapat kesempatan berkat Jepang dan Korea Selatan jadi tuan rumah tak berdaya saat melakoni 3 laga di Grup C. Tim asuhan Bora Milutinovic secara beruntun kalah 0-2 dari Kosta Rika, 0-4 dari Brasil, dan 0-3 dari Turki.

Pada edisi berikutnya, Jerman 2006, giliran Trinidad & Tobago yang gagal mencetak gol. Sempat menahan Swedia 0-0 pada laga perdana, Dwight Yorke dkk. kemudian takluk dari Inggris dan Paraguay. Pada dua laga itu, tim asuhan Leo Beenhakker sama-sama kalah 0-2.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img