Fakta Piala Dunia: 52 Hat-trick, Gabriel Batistuta Istimewa

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Sepanjang sejarah Piala Dunia, sudah ada 1.338 pemain yang mencetak gol, termasuk di antaranya 44 pemain yang hanya mencetak gol bunuh diri. Dari 1.294 pemain yang membobol gawang lawan, fakta Piala Dunia menunjukkan ada 48 pemain yang mencetak hat-trick.

Secara total, dari 1930 hingga 2018, fakta Piala Dunia mencatat 48 pemain itu membukukan 52 hat-trick. Artinya, ada 4 pemain yang 2 kali mencetak 3 gol dalam satu pertandingan. Mereka adalah Sandor Kocsis (Hungaria), Just Fontaine (Prancis), Gerd Mueller (Jerman), dan Gabriel Batistuta (Argentina).

Gabriel Batistuta mencetak hat-trick kedua di Piala Dunia 1998 saat melawan Jamaika.
Getty Images
- Advertisement -

Dari keempat pemain yang 2 kali membuat hat-trick itu, Batistuta punya prestasi istimewa. Dialah satu-satunya yang mencetak hat-trick di dua edisi Piala Dunia. Batigol membuat hat-trick pertamanya saat Argentina menang 4-0 atas Yunani di Piala Dunia 1994. Adapun hat-trick kedua dicetak kala Argentina menggasak Jamaika 5-0 di Piala Dunia 1998.

Ada beberapa hal menarik mengenai dua hat-trick tersebut. Pertama, hat-trick Batigol terjadi pada tangal yang sama, yakni 21 Juni. Kedua, dia menjejalkan 3 gol ke gawang tim debutan Piala Dunia. Ketiga, kedua hat-trick itu dibuat pada fase grup. Keempat, gol ketiga yang dicetak Batistuta sama-sama dari eksekusi penalti.

@seppginz Cetak hat-trick di 2 edisi Piala Dunia? Itulah GABRIEL BATISTUTA! #worldcup #fifaworldcup #worldcuptrivia ♬ Sport (60 Sec) – TimTaj
- Advertisement -

Di Piala Dunia 2022, ada empat pemain yang berpeluang menyamai prestasi unik Batistuta. Mereka adalah Thomas Mueller (Jerman), Xherdan Shaqiri (Swiss), Cristiano Ronaldo (Portugal), dan Harry Kane (Inggris). Keempatnya sudah mencetak 1 hat-trick. Mueller dan Shaqiri di Brasil 2014, sedangkan Ronaldo dan Kane di Rusia 2018.

Perubahan Hat-trick Pertama di Fakta Piala Dunia

Hat-trick pada setiap perhelatan Piala Dunia sudah seperti keharusan. Dari 1930 hingg 2018, hanya pada gelaran Jerman 2006 tak ada pemain yang mengemas 3 gol dalam satu laga. Pada gelaran pertama, Uruguay 1930, bahkan ada 3 hat-trick yang dibuat oleh Bert Patenaude (AS), Guillermo Stabile (Argentina), dan Pedro Cea (Uruguay).

Bert Patenaude akhirnya tercatat sebagai pencetak hat-trick pertama dalam fakta Piala Dunia.
mlssoccer.com
- Advertisement -

Ada hal menarik mengenai hat-trick di Piala Dunia 1930. Awalnya, Stabile diakui sebagai pencetak hat-trick pertama di Piala Dunia saat Argentina menang 6-3 atas Meksiko pada 19 Juli 1930. Namun, pada 10 November 2006, FIFA menyatakan Patenaude sebagai pencetak hat-trick pertama.

Patenaude mencetak hat-trick kala AS menang 3-0 atas Paraguay pada 17 Juli 1930. Silang pendapat terjadi karena ada catatan yang menyebut salah satu gol itu dibuat Tom Florie. Itu membuat FIFA harus melakukan investigasi dan kemudian memastikan tiga gol AS kala itu diborong Patenaude.

Hat-trick di Piala Dunia

Hingga saat ini, Patenaude tercatat sebagai satu-satunya pemain AS yang mencetak hat-trick di Piala Dunia. Tim-tim lain yang juga hanya memiliki 1 pencetak hat-trick adalah Belanda, Turki, Denmark, Peru, dan Yugoslavia. Semenatra itu, tim dengan hat-trick terbanyak adalah Jerman. Ada 7 hat-trick yang dibuat 6 pemain Jerman.

Adapun gelaran Piala Dunia dengan hat-trick terbanyak adalah Swiss 1954. Kala itu, ada 8 hat-trick. Dua di antaranya dibuat oleh Kocsis. Lalu, dua hat-trick dibukukan pemain Austria, yakni Erich Probst dan Theodor Wagner. Hat-trick Wagner tercipta pada laga Austria vs Swiss yang berbuah 12 gol. Pada laga yang sama, Josef Huegi (swiss) juga membukukan 3 gol.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img