Fakta Piala Dunia: 77 Gol di Final, Geoff Hurst Paling Unik

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Dari 1930 hingga 2018, fakta Piala Dunia mencatat telah ada 77 gol yang tercipta pada laga final. Total gol itu dibuat oleh 62 pemain dari 13 tim. Sebanyak 11 pemain tercatat mencetak lebih dari 1 gol pada laga perebutan juara Piala Dunia.

Dari 21 edisi Piala Dunia, hanya satu kali partai final tak berhias gol. Itu terjadi pada gelaran Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Dua tim yang berlaga di final, Brasil dan Italia, sama-sama gagal mencetak gol dalam waktu 120 menit. Selecao akhirnya menang 3-2 lewat adu penalti.

Vava dan Pele tercatat membuat brace pada final Piala Dunia.
Getty Images
- Advertisement -

Tim dengan jumlah pencetak gol terbanyak adalah Brasil dan Jerman. Mereka sama-sama memiliki 10 pemain yang mencetak gol pada laga final Piala Dunia. Bedanya, 10 pemain Selecao mengemas total 15 gol, sedangkan 10 pemain Jerman hanya membukukan 12 gol.

Hingga saat ini, pemain tertajam di final Piala Dunia hanya mengoleksi 3 gol. Ada empat pemain yang punya koleksi 3 gol. Mereka adalah Pele dan Vava (Brasil), Geoff Hurst (Inggris), dan Zinedine Zidane. Dari keempat pemain itu, Hurst punya catatan unik. Pasalnya, dia menjaringkan 3 gol pada satu final.

Geoff Hurst tercatat di fakta Piala Dunia sebagai satu-satunya pemain yang mencetak hat-trick di final.
Getty Images
- Advertisement -

Hurst adalah pemain pertama dan satu-satunya yang mampu mencetak hat-trick pada final Piala Dunia. Dia melakukannya saat Inggris menang 4-2 atas Jerman (Barat) pada Piala Dunia 1966 di negerinya sendiri. Salah satu golnya disebut orang Jerman phantomtor karena sebetulnya bola belum melewati garis gawang.

Catatan Unik Lain di Fakta Piala Dunia

Berbeda dengan pencetak hat-trick, pencetak brace di final Piala Dunia lumayan banyak. Pelopornya adalah Gino Colaussi dan Silvio Piola dari Italia pada 1938. Berikutnya ada Helmut Rahn (Jerman, 1954), Vava dan Pele (Brasil, 1958), Mario Kempes (Argentina, 1978), Zinedine Zidane (Prancis, 1998), dan Ronaldo Luis Nazario de Lima (Brasil, 2002).

- Advertisement -

Sebetulnya ada satu pemain lagi yang mencetak 2 gol pada laga final. Dia adalah Mario Mandzukic dari Kroasia. Namun, saat menghadapi Prancis pada final Piala Dunia 2018, dia mencetak gol bukan hanya ke gawang lawan. Dia membuka skor dengan gol bunuh diri, lalu mencetak gol penutup bagi timnya.

Mario Mandzukic tercatat sebagai pemain yang membobol dua gawang di final Piala Dunia.
Getty Images

Seperti sempat disinggung pada pembahasan soal gol bunuh diri di Piala Dunia, Mandzukic adalah pemain pertama dan satu-satunya yang membobol dua gawang sekaligus pada laga final. Adapun secara keseluruhan, dia adalah orang kedua setelah Ernie Brandts dari Belanda di Piala Dunia 1978.

Catatan unik Mandzukic bukan hanya itu. Dia jadi pemain kedua setelah Ronaldo pada 2002 yang membuka dan menutup skor pada laga final. Lalu, dia juga pemain kedua yang mencetak gol penutup di Piala Dunia dan timnya gagal juara. Pemain pertama yang melakukan itu adalah Paul Breitner (Jerman) pada 1982.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img