Fakta Piala Dunia: Dominasi Jerman di Daftar Pemain Tertajam

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Seperti dibahas sebelumnya, fakta Piala Dunia mencatat ada 1.338 pemain yang mencetak 2.548 gol dari Piala Dunia 1930 hingga Piala Dunia 2018. Dari 1.338 pemain itu, 835 di antaranya hanya mencetak 1 gol. Itu termasuk 44 pemain yang murni hanya mencetak gol bunuh diri.

Adapun di deretan pemain tertajam, hanya ada 13 orang yang mengemas gol dalam jumlah 2 digit. Dari 13 orang itu, Jerman paling dominan dengan menempatkan 5 pemain. Mereka adalah Miroslav Klose (16 gol), Gerd Mueller (14 gol), Juergen Klinsmann (11 gol), Helmut Rahn (10 gol), dan Thomas Mueller (10 gol).

Fakta Piala Dunia mencatat Miroslav Klose sebagai pemain tersubur hingga 2018.
Getty Images
- Advertisement -

Bagaimana dengan Brasil? Meskipun sudah mencetak 229 gol dan punya 80 pencetak gol yang 5 di antaranya sempat menjadi top scorer, Selecao hanya berada di bawah Jerman. Saat ini, hanya ada 2 pemain Brasil yang mencetak dua digit gol, yakni Pele (12 gol) dan Ronaldo Luis Nazario de Lima (15 gol). Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2002.

Sisanya, 6 pemain berasal dari 6 negara. Mereka adalah Just Fontaine (Prancis, 13 gol), Sandor Kocsis (Hungaria, 11 gol), Grzegorz Lato (Polandia, 10 gol), Teofilo Cubillas (Peru, 10 gol), Gary Lineker (Inggris, 10 gol), dan Gabriel Batistuta (Argentina, 10 gol). Di antara mereka, Fontaine, Kocsis, Lato, dan Lineker pernah menyabet gelar top scorer.

Just Fontaine mencetak 13 gol di Piala Dunia 1958.
Getty Images
- Advertisement -

Hal menarik ada pada diri Kocsis dan Fontaine. Keduanya sama-sama mencetak seluruh gol pada satu edisi Piala Dunia. Kocsis membukukan 11 gol pada Piala Dunia 1954 di Swiss, sementara Fontaine mencetak 13 gol pada perhelatan berikutnya, Piala Dunia 1958 di Swedia.

Fakta Piala Dunia Soal Persaingan Jerman vs Brasil

Satu hal menarik, fakta Piala Dunia mencatat ada persaingan sengit antara pemain Jerman dan Brasil dalam memperebutkan posisi pemain tertajam sepanjang masa. Itu terjadi sejak Gerd Mueller menggeser Just Fontaine berkat total 14 gol yang dicetak pada Piala Dunia 1970 dan 1974.

Ronaldo melewati rekor gol Gerd Mueller saat berlaga di Piala Dunia 2006 di Jerman.
Getty Images
- Advertisement -

Posisi Mueller bertahan sangat lama, tepatnya hingga Piala Dunia kembali digelar di Jerman pada 2006. Artinya, dia berada di puncak daftar pemain tertajam selama 32 tahun! Posisi Mueller digeser Ronaldo Luis Nazario de Lima berkat tambahan 3 gol yang membuat koleksinya menjadi 15 gol.

Akan tetapi, Ronaldo tak lama menyandang status pemain tertajam di Piala Dunia. Hanya 8 tahun berselang, dia kembali digeser pemain Jerman. Miroslav Klose mencetak gol ke-16 pada gelaran Piala Dunia 2014. Ironis bagi Ronaldo, Klose mencetak gol itu saat Jerman menang 7-1 atas Brasil pada semifinal.

Pemain Tertajam di Piala Dunia

Ronaldo terang-terangan tak ingin posisinya digeser Klose. Sebelum dan saat Piala Dunia berlangsung, dia tak henti berdoa. “Saya akan berdoa dengan segenap kekuatan yang ada agar Klose tak memecahkan rekor,” kata pemain berjuluk O Fenomeno itu kepada ESPN.

Saat berkunjung ke Fortaleza sebelum Jerman melawan Ghana, Ronaldo tak sungkan meminta orang-orang Brasil berdoa agar Klose mandul. Namun, Tuhan berkehendak lain. Saat lawan Ghana itu, Klose menyamai koleksi 15 gol O Fenomeno. Alhasil, dia pun harus mengucapkan selamat. “Selamat datang di klub, Klose,” cuit dia di akun Twitter-nya.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img