Fakta Piala Dunia: Catatan Spesial Van de Kerkhof Bersaudara

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Berjuang bersama saudara kembar adalah hal spesial. Apalagi jika itu dilakukan di Piala Dunia, pada partai final pula. Itulah yang dilakoni Rene dan Willy van de Kerkhof pada 1978. Dalam catatan fakta Piala Dunia, merekalah satu-satunya saudara kembar yang bermain di final.

Saat timnas Belanda menghadapi Argentina pada final Piala Dunia 1978, Rene dan Willy van de Kerkhof dipercaya pelatih Ernst Happel tampil sebagai starter. Mereka bermain penuh hingga akhir perpanjangan waktu. Rene van de Kerkhof adalah pemberi assist bagi gol penyeimbang yang dibuat Dick Nanninga pada menit ke-82.

Rene dan Willy van de Kerkhof tercatat dalam fakta Piala Dunia sebagai pemain kembar pertama yang main di final.
Getty Images
- Advertisement -

Akan tetapi, Van de Kerkhof bersaudara gagal menyempurnakan catatan spesial. Pasalnya, Belanda lantas kalah 1-3. Gol Nanninga memaksakan laga berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Pada saat itulah Argentina mencetak dua gol tambahan melalui Mario Kempes dan Daniel Bertoni.

Sebelumnya, di Piala Dunia 1974, Rene dan Willy van de Kerkhof juga jadi bagian skuat timnas Belanda. Kala itu pun, Oranje lolos ke final. Namun, pada laga melawan Jerman Barat, hanya Rene van de Kerkhof yang tampi. Itu pun hanya sebagai pengganti. Dia masuk pada awal babak kedua menggantikan Rob Rensenbrink.

Rene van de Kerkhof tercatat dalam fakta Piala Dunia tampil di final Piala Dunia 1974 dan 1978.
Getty Images

Pemain Kembar dalam Catatan Fakta Piala Dunia

- Advertisement -

Dalam catatan fakta Piala Dunia, Van de Kerkhof bersaudara bukan satu-satunya pasangan pemain kembar yang tampil membela Belanda. Pada Piala Dunia 1994 dan 1998, Oranje juga diperkuat Ronald dan Frank de Boer. Namun, prestasi terbaik mereka hanyalah semifinalis Piala Dunia 1998.

Dari jumlah laga, Van de Kerkhof bersaudara tercatat 7 kali tampil bersama. Semuanya di Piala Dunia 1978. Adapun De Boer bersaudara 8 kali bermain bersama. Rinciannya, 2 kali di Piala Dunia 1994 dan 6 kali di Piala Dunia 1998. Namun, dari jumlah menit bermain, Van de Kerkhof bersaudara unggul karena selalu tampil penuh. Adapun De Boer “ternoda” oleh Ronald yang sempat 4 kali tak tampil penuh.

Ronald dan Frank de Boer adalah saudara kembar dengan jumlah pertandingan terbanyak dalam catatan fakta Piala Dunia.
Getty Images
- Advertisement -

Secara total, fakta Piala Dunia mencetat telah ada 8 pasang pemain kembar yang setidaknya bersama-sama masuk skuat pada satu edisi Piala Dunia. Pelopornya adalah Eligio dan Eliseo Insfran yang memperkuat Paraguay pada Piala Dunia 1958. Namun, keduanya sama sekali tak diturunkan pelatih Aurelio Gonzalez.

Sementara itu, lima pasang pemain kembar lain adalah Zlatko dan Zoran Vujovic yang membela Yugoslavia di Spanyol 1982, Ibrahim dan Hossam Hassan (Mesir) serta Eissa dan Ibrahim Meir Abdulrahman (UEA) di Italia 1990, Marcin dan Michal Zewlakow (Polandia) di Korsel/Jepang 2002, serta Philipp dan David Degen (Swiss) di Jerman 2006.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img