Fakta Piala Dunia: Superioritas Brasil Tak Tertandingi

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Bicara soal Piala Dunia, orang Brasil pastilah yang paling bangga. Bukan apa-apa, sejumlah fakta Piala Dunia menunjukkan kehebatan, bahkan superioritas timnas Brasil di kancah sepak bola terakbar di dunia tersebut. Selecao bisa dikatakan tak tertandingi siapa pun.

Fakta yang paling istimewa tentu saja status tim tersukses. Hingga saat ini, Brasil adalah kolektor gelar terbanyak. Selecao telah 5 kali juara, yakni pada 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002. Jerman dan Italia masih belum mampu menyamai mereka. Keduanya sama-sama baru 4 kali juara.

Brasil punya fakta Piala Dunia paling istimewa yaitu sebagai kolektor gelar terbanyak.
Getty Images
- Advertisement -

Fakta lain yang tak kalah istimewa, Brasil adalah satu-satunya tim yang tak pernah absen di putaran final Piala Dunia. Dari 1930 hingga 2022, mereka selalu berpartisipasi. Dari 22 partisipasi itu, mereka 1 kali lolos sebagai undangan, 5 kali sebagai juara bertahan, 2 kali sebagai tuan rumah, dan 14 kali lolos dari kualifikasi.

Itu fakta Piala Dunia yang istimewa. Pasalnya, tim-tim lain setidaknya 2 kali absen. Jerman tak ikut serta di Piala Dunia 1930 dan 1950. Lalu, Argentina dan Italia sama-sama sempat 4 kali tak mengikuti ajang ini. Gli Azzurri menyamai La Albiceleste setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2022.

@seppginz Selalu tampil di Piala Dunia? Cuma BRASIL yang melakukannya! #fifaworldcup #worldcup #worldcuptrivia ♬ Sports Music – Saltonbria

Superior di 2 Fakta Piala Dunia Lain

- Advertisement -

Superioritas Brasil bukan hanya itu. Terkait rekor tak pernah absen, Selecao adalah tim yang memainkan paling banyak pertandingan di Piala Dunia. Dari 1930 hingga 2018, mereka telah bermain dalam 109 laga. Catatan itu sama dengan Jerman yang jeblok di Rusia 2018.

Meskipun punya catatan jumlah pertandingan sama, Brasil bisa menepuk dada. Pasalnya, merekalah tim dengan kemenangan terbanyak. Dari 109 kali tampil, Selecao membukukan 73 kemenangan alias 66,97%. Bandingkan dengan Jerman yang hanya 67 kali menang.

Tim terubur di Piala Dunia
- Advertisement -

Brasil juga luar biasa dalam satu fakta Piala Dunia lainnya. Selecao saat ini tercatat sebagai tim terproduktif. Sepanjang partisipasi di Piala Dunia dari 1930 hingga 2018, mereka telah membuat 229 gol. Koleksi mereka itu 3 gol lebih banyak dari total gol yang dibukukan Jerman.

Meskipun demikian, terkait torehan gol, timnas Brasil ternyata bukanlah tim dengan rerata gol terbaik. Di antara tim-tim yang setidaknya sudah 30 kali bermain di Piala Dunia, mereka hanya berada di posisi kedua dengan 2,1 gol/laga. Selecao kalah dari Hungaria yang membukukan 2,7 gol/laga.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img