Fakta-fakta Menarik di Balik Keberhasilan Prancis Juara Nations League

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Prancis berhasil menjadi juara UEFA Nations League setelah mengalahkan Spanyol di partai final, Senin (11/10) dinihari WIB. Les Bleus memetik kemenangan 2-1 berkat gol Karim Benzema (66′) dan Kylian Mbappe (80′).

- Advertisement -

Les Bleus kini menjadi tim kedua yang berhasil membawa pulang trofi Nations League. Mereka mengikuti jejak Portugal yang menjadi juara pertama Nations League pada 2019 lalu.

Selain berhasil menambah koleksi gelarnya, terdapat sejumlah fakta menarik dari laga Spanyol vs Prancis. Berikut Football5Star menyajikan lima fakta di antaranya.

1. GELAR KEEMPAT DIDIER DESCHAMPS
Fakta Menarik Final UEFA Nations League - uefa. com 4
uefa.com

Nations League bukanlah gelar pertama yang berhasil didapatkan Didier Deschamps bersama timnas Prancis. Kini, ia berhasil mempersemahkan empat gelar bergengsi untuk Les Bleus sebagai pemain maupun pelatih.

Ketika masih aktif bermain, Deschamps berhasil membawa Les Bleus menyabet gelar Piala Dunia 1998 dan EURO 2000. Sebagai pelatih, ia sukes mempersembahkan gelar Piala Dunia 2018. 

Catatan tersebut membuat Deschamps semakin menasbihkan dirinya sebagai salah satu pelatih tersukses dalam sejarah timnas Prancis. Ia juga menjadi pelatih terlama yang menangani Les Bleus.

2. PENAMPILAN IMPRESIF MBAPPE
Spanyol vs Prancis - Nations League - uefa. com 2
uefa.com

Mbappe menjadi salah satu aktor penting di balik keberhasilan Prancis membawa pulang gelar Nations League. Ia merupakan pencetak gol penentu kemenangan Les Bleus di laga final.

Mbappe juga menunjukkan performa impresif sepanjang babak empat besar Nations League. Total, ia berhasil mencetak dua gol dan dua assist dari di laga semifinal dan final Nations League.

3. PERPANJANG REKOR UNBEATEN 
Fakta Menarik Final UEFA Nations League - uefa. com 4
uefa.com

Kemenangan atas Spanyol semakin memperpanjang rekor unbeaten Prancis. Mereka kini tak menelan kekalahan dalam 25 pertandingan kompetitif terakhirnya di semua kompetisi. Hugo Lloris cs memetik 17 kemenangan dan delapan imbang dalam 25 laga tersebut.

Akan tetapi, ini bukanlah catatan unbeaten terpanjang dalam sejarah Les Bleus. Mereka sempat mencatat rekor tak terkalahkan dalam 27 laga kompetitif pada periode 1994 hingga 1997.

4. HADIAH SPESIAL ANTOINE GRIEZMANN
Fakta Menarik Final UEFA Nations League - uefa. com 4
uefa.com

Antoine Griezmann merupakan salah satu pemain yang sangat berbahagia dengan keberhasilan Prancis menyabet gelar Nations League. Pasalnya, gelar ini didapat Les Bleus di penampilan ke-100 Griezmann.

Griezmann merupakan pemain ke-9 yang berhasil mencatat 100 penampilan bersama Les Bleus. Ia mengikuti jejak Lilian Thuram, Lloris, Thierry Henry, Marcel Desailly, Olivier Giroud, Zinedine Zidane, Patrick Vieira dan Deschamps.

5. GELAR INTERNASIONAL PERTAMA BENZEMA
Fakta Menarik Final UEFA Nations League - uefa. com 4
uefa..com

Benzema merupakan salah satu pemain terbaik dalam sejarah Les Bleus. Pria berumur 33 tahun itu berhasil mencetak 33 gol dari 92 caps. Akan tetapi, Benzema sempat menghilang dari skuat Deschamps karena terlibat konflik dengan Federasi Sepak Bola Prancis (FFF).

Konflik tersebut membuat Benzema absen dari skuat yang berhasil menjadi juara Piala Dunia 2018. Kini, Benzema bisa bernapas lega karena sukses meraih gelar internasional pertamanya.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img