FIFA Larang Liga 1 Main Malam, Paling Telat Pukul 5 Sore

BACA JUGA

Football5star.com, Indonesia – FIFA telah mengeluarkan beberapa rekomendasi terkait Liga 1. Salah satu yang jadi poin utama adalah waktu kick off pertandingan.

Hal ini disampaikan induk sepak bola dunia melalui surat kepada Presiden Joko Widodo. Sebelumnya mereka memang diminta presiden untuk berkolaborasi dengan AFC untuk membeangi carut-marut Liga 1 imbas tragedi Kanjuruhan.

Tragedi Kanjuruhan - Ahmad Riyadh - PSSI - GMA Network
GMA Network
- Advertisement -

Dalam suratnya, asosiasi yang dipimpin Gianni Infantino menjabarkan lima poin penting untuk dijalankan. Yaitu standar keamanan stadion, porsedur dan protocol yang harus dijalani polisi dan pihak keamanan, keterlibatan sosial, jadwal pertandingan, dan mentoring.

Poin nomor empat terkait jadwal langsung jadi sorotan. Karena memang selama era Liga 1 pertandingan sering berlangsung malam. Mulai dari 18-30 hingga ada yang kick off 20.30.

Presiden FIFA Euro Juga akan Diadakan Dua Tahun Sekali - Gianni Infantino (The Japan Times)
The Japan Times
- Advertisement -

“Tinjauhan terhadap jadwal pertandingan akan dilakukan. Dengan tujuh untuk menghindari waktu pertandngan yang bisa meningkatkan risiko tertenu,” demikian poin keempat dalam surat FIFA.

“Hal ini juga termasuk dalam pertimbangan jadwal pertandingan paling telat pukul 5 sore dan di televisi hanya pada Sabtu dan Minggu yang menunjukkan korelasi antara kick off sebelumnya dan penurunan insiden kekerasa di tempat lain,” sambungnya.

FIFA Tuntut Konsistensi Jadwal Liga 1

- Advertisement -

Dalam poin yang sama surat yang ditandatangani langsung oleh Gianni Infantino meminta jadwal pertandingan bisa dijalankan secara konsisten.

Karena jadwal akan mempengaruhi banyak hal. Salah satunya ketersediaan transportasi umum menuju stadion dan keselamatan fan ketika pulang.

Suporter Arema FC Stadion Kanjuruhan, Malang - Antarafoto
Antarafoto

“Ini bisa membantu mengurangi tekanan pada infrastruktur transportasi publik dan memfasilitasi akses yang lebih mudah bagi fan ke transportasi publik sehingga keberangkatan ke stadion lebih mudah dan aman,” lanjut FIFA.

Hal lain yang ditekankan FIFA adalah petugas keamanan. Mereka berharap pihak keamanan bisa berkoordinasi dengan baik agar jalannya laga bisa lancar.

“Jadwal laga yang lebih konsisten harus memungkinkan kehadiran petugas keamanan yang lebih terkoordinasi dan teratur,” terangnya.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img