Presiden FIGC: Butuh Kolaborasi Wujudkan Italia vs Argentina di Naples

BACA JUGA

Gamespool new banner

Football5Star.com, Indonesia – Pertemuan juara EURO 2020 dengan Copa America 2021 bukan sekadar impian kosong. Laga Italia vs Argentina itu benar-benar tengah diusahakan terwujud pada tahun ini. Hal itu diungkapkan Presiden FIGC, Gabriele Gravina.

Gravina mengungkapkan, FIGC saat ini telah mulai melakukan pembicaraan dengan pihak-pihak terkait untuk mewujudkan laga yang akan diberi tajuk Copa Maradona tersebut. Maklum saja, selain harus mendapatkan izin FIFA, laga ini juga harus memperoleh restu dari UEFA dan Conmebol. Belum lagi pihak kota dan klub pemilik venue.

- Advertisement -

“Kami butuh kolaborasi untuk memainkan laga Italia vs Argentina di Naples,” urai Gabriele Gravina seperti dikutip Football5Star.com dari Tuttomercatoweb. “Timnas Italia juga milik para Neapolitan dan ingin kembali main di Naples. Saat ini, kami harus memilih opsi-opsi yang lebih memungkinkan. Namun, akan indah bila suatu hari nanti kami bersua dengan Argentina dalam mengenang Diego Maradona.”

Menurut La Repubblica, FIFA sudah memberikan izin bagi pertemuan juara EURO 2020 dengan Copa America 2021 tersebut. Pertandingan pun disebut-sebut akan digelar pada Desember 2021 atau paling telat Januari 2022. Copa Maradona itu disebut-sebut akan menggantikan Piala Konfederasi.

Italia vs Argentina Jarang Tersaji di Laga Resmi

Laga Italia vs Argentina termasuk laga yang dinanti-nantikan oleh para penggila sepak bola. Bukan apa-apa, Gli Azzurri jarang bersua La Albiceleste. Sejak bersua untuk kali pertama pada 5 Desember 1954 di Stadio Olimpico, laga ini baru tersaji 15 kali.

Dari 15 perjumpaan itu pun, hanya sepertiganya yang berlangsung pada ajang resmi. Semuanya pada gelaran Piala Dunia, yakni pada 1974, 1978, 1982, 1986, dan 1990. Sisanya, 10 pertemuan berlangsung pada laga persahabatan. Pertemuan terakhir tersaji pada 23 Maret 2018 di Stadion Etihad, Manchester. La Albiceleste menang 2-0 berkat gol-gol Ever Banega dan Manuel Lanzini.

Andai Italia vs Argentina pada Copa Maradona terwujud dan berlangsung di San Paolo, Naples, itu akan istimewa. Pasalnya, kali terakhir bertarung di lapangan pada ajang resmi, pertandingan berlangsung di sana, yakni pada semifinal Piala Dunia 1990.

Ketika itu, Gli Azzurri harus gigit jari, gagal ke final. Unggul terlebih dahulu berkat gol Salvatore Schillaci saat laga baru berjalan 17 menit, mereka dipaksa bermain hingga adu penalti karena gol balasan yang dibuat Claudio Caniggia pada menit ke-68. Dalam adu penalti, tim asuhan Azeglio Vicini takluk 3-4 setelah Roberto Donadoni dan Aldo Serena gagal menaklukkan Sergio Goycoechea.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

You Might also like

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img